Peran Strategis Guru dalam Pendidikan

Peran guru strategis dalam pendidikan (6) - Pada umumnya siswa akan merasa betah belajar. Apabila mengalami suasana belajar yang cenderung memuaskannya dan sesuai dengan kebutuhannya. Potensi ini perlu dimanfaatkan oleh guru sebagai strategi sukses mengajar dengan memainkan perannya sebagai motivator pembelajaran.

Motivasi belajar sangat penting dimiliki oleh siswa dalam pembelajaran. Pentingnya motivasi ini, oleh Max dan Tombouch, diibaratkan bahan bakar bagi sebuah kendaraan. Tidak akan berarti betapapun bagusnya mesin dan halusnya penyetelan tanpa memiliki bahan bakar. 

peran,guru,pendidikan

Begitu pula halnya bagi siswa dalam suatu pembelajaran. Motivasi harus ada untuk menggerakkan siswa untuk mau belajar. Senada dengan pernyataan di atas, Hawley, menyarankan agar guru mempergunakan waktunya sebanyak mungkin untuk memotivasi siswa.

Kenyataannya, guru hanya memberikan motivasi pada tahap awal pada struktur pembelajaran. Seyogyanya motivasi diberikan mulai dari awal pembelajaran sampai tahap akhir pembelajaran.

Motovasi berdampak luas terhadap kegiatan maupun hasil belajar siswa. Semakin kuat motivasi untuk belajar semakin baik pula hasil belajar yang diperolehnya. Hasil belajar dalam hal ini adalah pengalaman-pengalaman belajar yang dapat dipergunakan dan diterapkan siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Pengalaman belajar yangmemuaskan akan mampu menggerakkan siswa dan cenderung membuat siswa aktif  dan kreatif. Mereka akan mencintai ilmu pengetahuan dan memiliki naluri kuriositas yang tinggi. Dengan demikian siswa akan mau mengeksplorasi dan mengeksploitasi informasi dan ilmu pengetahuan seluas-luasnya. Baca juga: 10 Upaya Memperkuat Peran Strategis Guru

Share this :

8 Responses to "Peran Strategis Guru dalam Pendidikan"

  1. peran guru sangat penting bagi senang tidaknya siswa ya pak, karena dlm beberapa kasus ada siswa yg enggan masuk sekolah krn tdk suka dgn gurunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, memang benar adanya buk Indri...Disinilah pentingnya peran guru untuk mencoba memotivasi siswa agar mau belajar kembali, khususnya terhadap siswa yang tidak menyukai mapel maupun gurunya...

      Hapus
  2. Peran utama guru adalah membimbing anak didiknya menjadi pintar dalam berbagai mata pelajaran, apabila guru berhasil memberikan keberhasilan pada anak didiknya dibidang pelajaran matematika misalnya dengan begitu untuk pembelajaran mata pelajaran lainnya guru tersebut tidak akan mengalami kesulitan yang berarti, diibaratkan satu pelajaran bisa dikuasai oleh anak didik dengan mudah, langkah selanjutnya bisa menerapkan metode pembelajaran yang sama pada mata pelajaran yang lain atau yang berbeda, tentu saja akan membuahkan hasil yang sama yaitu Keberhasilan, akan tetapi itu semua kembali kepada anak didiknya apakah bersedia melalukan hal atau metode yang diarahkan oleh guru pembimbing tersebut...kalau anak didik tersebut kurang mendukung dengan metode yang diterapkan oleh guru..apa boleh buat kalau hasil akhir yang didapat anak didik tersebut akan mendapat nilai yang kurang memuaskan, memang penyesalan datang belakangan....nice share @uda...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, terima kasih pencerahannya dalam perspektif bimbingan belajar anak, mbak Shipe...

      Hapus
  3. Emang sangat berpwran ya mas
    jadi lebih efektif dan ngena proses beljr mengajarnya

    BalasHapus
  4. ke sekolah kalo termotivasi untuk belajar pasti semangat,
    inget dulu waktu skul distm, untuk pelajaran guru tertentu mending pulang duluan, nggak asyik bikin boring...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...ini pelajaran berharga buat guru untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan perannya yang strategis, mas Wong...

      Hapus