Perokok Perlu Perhatikan Aturan Ini

Perokok perlu perhatikan aturan ini – Merokok dapat merusak kesehatan. Peringatan ini mungkin termasuk yang dianggap paling ringan. Namun cukup banyak peringatan yang lebih berat dan menakutkan. 

Merokok menjadi pembunuh nomor satu! Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung dan lain sebagainya.

Bagi yang sudah kecanduan rokok, peringatan-peringatan tersebut tidak lagi menjadi perhatian. Apalagi himbauan-himbauan untuk berhenti merokok. Faktanya, masih banyak kita temukan orang merokok dalam kehidupan sehari-hari, termasuk admin matrapendidikan.com sendiri.

aturan,merokok,perokok

Mengapa merokok? “Belajar” merokok itu gampang sekali. Banyak faktor seseorang memulai untuk belajar merokok. Misalnya saat mengalami stress. Katanya merokok dapat mengurangi stress. Begitu pula ajakan teman. 

Uniknya, awal kebiasaan merokok dipicu oleh rasa ingin tahu terhadap. Namun kalau sudah kecanduan akan sulit menghentikannya.

Bagi perokok atau yang sudah kecanduan merokok, tak ada salahnya memperhatikan aturan merokok, baik di tempat umum, di rumah maupun di tempat-tempat lainnya. Tujuannya untuk mencegah atau menghindari hal-hal yang  tidak diinginkan. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan bagi perokok:

1.Tempat dan waktu merokok

Jika hendak merokok di tempat umum, perhatikan apakah ada larangan merokok. Jika ada, alangkah baiknya untuk tidak merokok di tempat itu. Mungkin disediakan tempat khusus untuk merokok, maka silahkan tanya pada petugas di tempat itu. 

Biasanya, di tempat seperti pengisian bahan bakar, rumah sakit, ruangan ber-AC, dan lain sebagainya terdapat larangan merokok. Begitu pula di tempat yang tidak terlalu luas seperti dalam kamar, dekat bayi atau perempuan yang tidak menyukai asap rokok.

Siswa yang sudah kecanduan merokok, tentunya kurang bagus untuk merokok di tempat umum apalagi saat mengenakan seragam sekolah. Apalagi sempat dilihat oleh orang tua atau orang tua teman sendiri. Oleh sebab itu siswa perlu juga memperhatikan aturan ini.

2.Membuang abu dan puntung rokok

Hal yang tak kalah penting diperhatikan oleh perokok adalah pembuangan abu atau siswa rokok. Di tempat tertentu mungkin disediakan asbak penampung abu dan puntung rokok. Tentu saja jika ingin merokok jangan lupa membuang abu dan puntung sisa rokok pada tempat tersebut.

Kelalaian perokok akibat membuang puntung rokok di sembarang tempat sering berakibat fatal. Misalnya, peristiwa kebakaran justru sering berawal dari membuang sisa rokok di sembarangan tempat.

3.Bertamu ke rumah orang lain

Jika bertamu ke rumah orang lain, tentu diperhatikan apakah di ruang tamu disediakan asbak. Jika kita melihat asbak rokok di meja itu pertanda tamu boleh atau diizinkan jika ingin merokok. 

Namun bila tidak terlihat asbak, ada baiknya tidak merokok saat bertamu. Boleh jadi si pemilik rumah tidak merokok atau tidak suka dengan asap rokok.

4.Meminta izin jika ingin merokok

Adalah suatu kebiasaan yang baik jika ingin merokok di dekat perempuan atau di tempat tertentu yang banyak orang untuk meminta persetujuan atau izin terlebih dulu sebelum merokok. Jika orang tersebut terlihat merasa keberatan,  sebaiknya tidak merokok di tempat itu.

Tentu saja masih banyak aturan lain yang perlu diperhatikan dalam merokok.  Mudah-mudahan menjadi bahan diskusi bagi pengunjung semua.

Share this :

0 Response to "Perokok Perlu Perhatikan Aturan Ini"

Poskan Komentar