Proses Membuat Kecap Air Kelapa

A.Pendahuluan

Hampir semua orang mengenal penyedap makanan yang satu ini, kecap. Rasa kecap pun sudah akrab di lidah karena menjadi salah satu bumbu dapur penyedap berbagai bahan makanan. Kecap mengandung nutrisi protein dan lemak nabati yang cukup tinggi.

Kecap terdiri dua macam rasa dan tergantung pada bahan dasar yang digunakan. Kecap rasa manis dan rasa asin. Kecap manis terbuat dari bahan kacang kedelai hitam. Berwujud kental dan warnanya hitam.

Ada pula kecap dengan rasa asin. Kecap ini terbuat dari bahan dasar air kelapa. Bagi anak sekolah yang sedang mempelajari bioteknologi konvensional, tak ada salahnya menjadikan ini sebagai alernatif bahan diskusi atau praktik langsung.

proses,cara,membuat kecap,air kelapa

Pembuatan kecap air kelapa menggunakan jamur (kapang) aspergillus untuk proses fermentasi. Pembuatannya agak lebih mudah dan tidak memakan waktu lama jika dibandingkan dengan pembuatan kecap dari bahan kacang kedelai.

B.Alat dan bahan

1.Alat :ember, saringan, wajan, kompor, pengaduk kayu, botol,gelas ukur, corong saringan, sendok makan.

2.Bahan: air kelapa, gula merah, vetsin, asam benzoat, daun salam, bawang putih, sereh, lengkuas, kemiri.

C.Langkah-langkah pembuatan:

1.Saring air kelapa dengan takaran tertentu, misalnya 2 liter kemudian masukkan bahan seperti gula merah, bawang putih, sereh, dan lain-lain.
2.Masak campuran air kelapa antara 1.5 sampai 2 jam.
3.Aduk campuran tersebut terus menerus selama dimasak sehingga tinggal separuhnya dan berwujud kental.
4.Angkat dan dinginkan campuran.
5.Tambahkan bawan pengawet asam benzoat.
6.Pindahkan kecap yang sudah jadi ke dalam botol.
7.Siap digunakan.

Demikianlah uraian sederhana tentang proses membuat kecap dari air kelapa. Mudah-mudahan dapat membantu siswa dalam membuat laporan bahan diskusi. Baca juga: Proses Pembuatan Tapai Beras Ketan

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »