Resitasi, Metode Mengajar Paling Sensasional

Resitasi, metode mengajar paling sensasional – Sungguh banyak ragam metode mengajar yang dapat dipilih oleh guru untuk melaksanakan pembelajaran. Namun pemilihan jenis metode mengajar tersebut haruslah mempertimbangkan berbagai hal, seperti karakter siswa, karakter materi pelajaran, tujuan pembelajaran, serta sarana dan prasarana pendukung.
                                                                     
Resitasi termasuk salah satu metode mengajar sensasional, menarik dan pantas menjadi pilihan guru. Untuk dapat melaksanakan metode ini, minimal tersedia bahan dan sumber belajar yang memadai di sekolah. Di antaranya, perpustakaan yang representatif, jaringan internet, dan sarana lainnya yang menyediakan bahan pelajaran.


metode,mengajar,resitasi

Apa itu metode resitasi?

Resitasi adalah metode pembelajaran dengan pemberian tugas kepada siswa. Menurut Sriyono,dkk (1992), pemberian tugas tidak sama dengan pekerjaan rumah (PR), namun lebih luas dari itu. Tugas yang diberikan kepada siswa antara lain:
  • Menyusun karya tulis
  • Menyusun laporan mengenai bahan bacaan berupa buku, menyusun karya ilmiah sederhana.
  • Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tercantum dalam buku.
  • Tugas-tugas lain yang menunjang keberhasilan belajar.

Bagaimana tahap pelaksanaan metode resitasi?

Metode ini terdiri dari 3 langkah utama, yaitu:

a.Pemberian tugas oleh guru

Guru memberikan tugas tertentu kepada kelompok siswa. Pemberian tugas harus dengan penjelasan bagaimana mengerjakan tugas dan dari mana bahan belajar yang harus dicari oleh siswa. Misalnya membuat laporan bahan bacaan dari buku tentang pembuatan tempe, tapai beras ketan, keju sederhana, dan lain sebagainya.

b.Pengerjaan tugas oleh guru

Tahap ini siswa mengerjakan tugas menurut kelompoknya tentang materi yang diberikan oleh guru. Tugas ini tidak hanya di rumah namun boleh juga di perpustakaan sekolah dan laboratorium sekolah.

c.Presentasi sebagai bentuk pertanggungjawaban siswa

Presentasi adalah kegiatan utama dari metode resitasi. Siswa secara berkelompok akan menampilkan hasil pekerjaaan mereka di depan siswa lainnya di kelas. Kemudian diakan forum tanya jawab di bawah bimbingan guru mata pelajaran.

Apa manfaat penggunaan metode resitasi?

1.Melatih siswa untuk menulis laporan hasil kegiatan.
2.Meningkatkan kreativitas siswa dalam menggali ilmu pengetahuan dari berbagai sumber dan bahan belajar
3.Memantapkan penguasaan materi siswa terhadap materi pelajaran.
4.Membangkitkan motivasi belajar siswa.
5.Melatih siswa untuk terampil berbicara di depan umum dan mengkomunikasikan hasil kerjanya.
6.Membentuk siswa menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Agar penerapan metode resitasi berjalan lancar, guru perlu memberikan waktu yang cukup kepada siswa. Mengerjakan tugas dan membuat laporan hasil kerja. Sebelum menampilkan laporan hasil kerja,  ada baiknya guru memberi latihan terlebih dulu. Bagaiamana cara berbicara, membacakan laporan kerja, menjawab pertanyaan dan aturan-aturan yang perlu dipatuhi oleh siswa. Terutama dalam melakukan kominikasi dan interaksi dengan teman selama prentasi.

Catatan: Metode resitasi ini diterapkan pada konsep bioteknologi konvensional, pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Lintau Buo, Kabupaten Tanah Datar.

Share this :

14 Responses to "Resitasi, Metode Mengajar Paling Sensasional"

  1. Selamat Pagi Pak Uda. Ternyata banyak sekali jenis ragam metode dalam mengajar pada jaman sekarang ya Pak Uda. Dan sekarang Para Guru yang modrn sudah komplit peralatanya untuk mempasilitasi dalam Mendidik Muridnya. Diantara yang saya tau Laptop, Usb dan peralatan elektronik lainya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, mas Saud...Metode mengajar resitasi termasuk paling sensasional karena berorientasi pada siswa. Siswa yang mencari bahan belajar, siswa juga yang menampilkan hasil pencariannya melalui presentasi. Guru hanya penyedia fasilitas belajar (fasilitator), termasuk peralatan jaringan seperti laptop dan modem usb...

      Hapus
    2. Wah betul banget apa yg di katakan kang saud itu..

      Hapus
  2. Semoga dengan metode resitasi para Murid yang Bapak Asuh bisa lebih cerdas dalam menerima pelajaran nya ya Pak. Sungguh Pak Uda ini Seorang Guru yang bisa di pertanggung jawabkan dalam tugas Mendidiknya *salam sukses Pak Uda :-bd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin...Terima kasih, mas Saud...Tapi saya hanya sekadar memperbaharui apa yang sudah ada, mas. Metode resitasi sudah lama ada dalam pendidikan namun jarang dilaksanakan khususnya di SMP/MTs...

      Hapus
  3. pasti menarik banget metode resitai ini untuk siswa, dan efektif memberikan pelajaran dan pengalaman..
    banyak manfaat nyata juga yg bisa didapat.

    makasih uda, menambah wawasan pendidikan terapan untuk anak didik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mas Wong. Mudah-mudahan begitu hendaknya dalam rangka menciptakan sesuatu yang sudah ada (metode mengajar) menjadi lebih bernilai dan berdaya guna...

      Hapus
  4. Kami di redaksi juga sering menerima kunjungan para pelajar mulai dari KB/TK hingga anak kuliahan. Rata rata mereka datang ingin belajar dasar dasar Jurnalistik atau menulis yang baik. Mereka juga tertarik dengan cara kerja Wartawan dan proses produksi koran hingga turun cetak dan dibaca masyarakat. Setap dari kunjungan mereka pasti buat laporan perjalanan atau laporan kerja selama kunjungan. Apakah mereka juga bisa dibilang menerapkan pola RESITASI juga Uda Awak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, pasti rame selalu di kantor redaksi ya mas Asep?
      Saya kira termasuk pola resitasi, mas. Resitasi itu pada hakikatnya adalah pemberian tugas oleh pihak tertentu dan hasilnya dipertanggungjawabkan dalam bentuk laporan tertulis... Supaya lebih lengkap pola resitasi itu, bagusnya memang laporan itu dipresentasikan dalam suatu forum atau pertemuan...Begitu kira-kira, mas asep...

      Hapus
    2. Asal jgn anak2 yg kesana gak disuruh pijitin kang asep kan

      Hapus
  5. Ngeliat manfaatnya, saya dukung sepenuhnya metode ini mas :)

    BalasHapus
  6. saya tertarik dengan langkah presentasi nya karena kecerdasan siswa dapat tercermin di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Uni Dea...Jalannya presentasi ditentukan oleh kecerdasan maupun cara bicara siswa...

      Hapus