Sepuluh Karakteristik Suatu Masalah

Sepuluh karakteristik suatu masalah – Hidup ini sesungguhnya adalah rangkaian masalah, begitu filosofi orang bijak.  Manusia berada dalam rangkaian masalah tersebut. Masalah itu terbagi dua kelompok, masalah dengan diri sendiri dan masalah dengan orang lain. Pemecahan masalah yang dihadapi itu tergantung pada masing-masing individu.

Kalau begitu, hampir sepanjang hidupnya manusia berkecimpung dengan persoalan. Jika seseorang kesulitan BAB, mengalami sakit gigi, prestasi belajar rendah, itu adalah contoh problema dengan diri sendiri. Tentu saja, masih banyak contoh lainnya berkaitan permasalahan dengan diri sendiri.

Nah, ini dia. Tidak bertegur sapa dengan teman di tempat kerja atau dengan tetangga. Kenaikan harga BBM dan harga barang juga masalah? Tentu saja. Pendapatan dan pengeluaran kadang-kadang menjadi tak seimbang lagi gara-gara dua masalah tersebut.

Memang benar. Masalah itu banyak sekali. Saking banyaknya tidak pernah ada orang mengidentifikasi seberapa banyak masalah yang dihadapi oleh seseorang dalam hidupnya. Orang hanya bisa mengatakan, saya banyak masalah… Berapa banyaknya? Enggak tau deh, pokoknya banyak….

Berdasarkan identifikasi terhadap masalah, ada 10 karakteristik sebuah masalah :
1.Masalah berpengaruh suasana hati dan pikiran seseorang.
2.Berat atau ringannya suatu masalah tergantung pada penghayatan seseorang.
3.Masalah itu muncul dari diri sendiri maupun dari orang lain.
4.Masalah akan membuat orang menjadi matang berpikir dan bertindak.
5.Masalah akan menghampiri semua orang yang hidup.
6.Pemecahan masalah perlu kesabaran.
7.Pengalaman dan pengetahuan seseorang menentukan keberhasilan memecahkan masalah.
8.Pemecahan masalah sering melibatkan pihak dari luar diri sendiri.
9.Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.
10.Allah SWT menjadi tempat mengadukan masalah yang dihadapi.

Nah, bagaimana menurut sahabat?

Share this :

14 Responses to "Sepuluh Karakteristik Suatu Masalah"

  1. bener mas, masalah itu pasti ngambil jatah pikiran, saya sering stress mikirinnya, padahal udah ditanam di dalam hati, buat apa dipikirin, jalani, nanti solusinya ketemu tuh, tapi tetap aja ngga bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati kita kadang-kadang ga mau diajak kompromi. Buat apa dipikirin, jalani dan solusinya pasti ada. Tapi pikiran kita selalu tergoda untuk memikirkannya. Itu juga sering saya alami namun poin 10 menjadi solusi terakhir, mas...

      Hapus
    2. Dapat pencerahan dan pengetahuan saya disini. makasih Bapak Uda

      Hapus
    3. Semoga saja Bapak Uda yang nulis artikel ini jangan sampai mendapat masalh yang besar. sukses dan mulia sehat dan selalu ceria ya Pak?

      Hapus
    4. Amiiin...Wah, terima kasih doanya, mas Saud...

      Hapus
    5. Aamiin.....................!

      Hapus
  2. Salam sore yang Indah, Pak Uda. maaf saya baru sempet berkunjung nih Pak. harus pandai nyuri nyuri waktu. tapi demi mendapat pengetahuan lebih saya dengan setia berusaha mampir di blog Bapak ini. Ke sepuluh karakteristik yang Bapak tulis sangat menginfirasi sekali buat saya. Terima kasih ya Pak Uda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam sore juga, mas. Iya, itu sudah kita maklumi bersama sebagai blogger. Kesibukan off page tentu saja lebih kita prioritaskan. Terima kasih atas semuanya...Mudah-mudahan mas Saud juga diberi kesehatan dan kesempatan sehingga kita tetap semangat ngeblog...

      Hapus
  3. Biasanya kalau sudah suntuk kepala saya menghadapi masalah kerja ujung ujungnya biasa dilarikan ke makanan. Walhasil pikiran mumet blum tentu ada jalan keluarnya, efek badan jadi bertambah bobot alias bertambah gemuk sudah pasti Allah SWT adalah tempat "mengadu" yang terbaik. Memohon petunjuk , bimbingan dan pertolongan atas segala masalah yang kita hadapi Amin Ya Rabbal Alaminn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantab, mas Asep...Point terakhir adalah jalan terakhir untuk menghadapi semua masalah yang kita hadapi. Namun saya sudah takut lari ke makanan mas. Soalnya perut udah pada nonjol...kurang olah raga lagi...hehehe.

      Hapus
    2. Waaah betul sekali pak uda, Point terakhir itu adalah jalan terakhir untuk menghadapi semua masalah yang kita hadapi. MANTAAAAAAAAAP

      Hapus
    3. Terima kasih mas Yahya...

      Hapus
  4. 10 karakteristik sebuah masalah, ini semua kita alami dalam kehidupan sehari, tinggal bagaimana menyikapi dan pada akhirnya hanya kepada Allah lah kita bersandar..
    terimakasih uda, bermanfaat untuk introspeksi

    BalasHapus