Tips Mengerjakan Soal Pilihan Ganda

Tips mengerjakan soal pilihan ganda – Ujian semester atau pun ujian nasional (UN) biasanya berbentuk pilihan ganda. Untuk tingkat SLTP terdiri 4 pilihan dan SLTA 5 pilihan. Tentu saja, soal 4 pilihan lebih besar peluang untuk dijawab dengan benar ketimbang 5 pilihan. Namun semua itu tergantung pada kesiapan siswa untuk mengikuti ujian.

Kesiapan menghadapi ujian tidak hanya menguasai materi yang akan diujikan. Yang tak kalah penting adalah kesiapan teknis dalam menjawab soal-soal ujian tersebut. Yang dimaksud kesiapan teknis disini adalah strategi atau teknik mengerjakan setiap butir soal. Ikuti beberapa tips berikut ini:

tips,mengerjakan,soal,pilihan ganda

1.Baca soal dengan teliti dan hati-hati

Kebiasaan siswa adalah tidak membaca soal dengan baik namun berambisi untuk melihat pilihan jawaban yang tersedia. Ini suatu kekeliruan yang sering dilakukan oleh siswa. Siswa akan bingung sendiri ketika pilihan yang tersedia terkesan hampir sama. Oleh sebab itu penting untuk membaca dan memahami pernyataan soal dengan teliti dan berhati-hati.

2.Kerjakan terlebih dulu soal yang dianggap paling mudah

Kebiasaan siswa mengerjakan soal dimulai dari nomor 1 sampai seterusnya secara berurutan. Tidak perlu seperti itu. Jika terasa sulit nomor satu, tinggalkan saja kemudian lanjutkan soal berikutnya yang dirasa lebih mudah.

3.Cari dan coret pilihan jawaban yang salah

Jika sudah dilakukan langkah nomor (2), langkah selanjutnya adalah melihat kembali soal yang agak sulit. Caranya, cari pilihan yang dianggap salah kemudian coret sehingga tersisa satu pilihan. Nah, pilihan inilah yang dianggap sebagai pilihan yang benar dan diisikanpada lembaran jawaban.

4.Perhitungkan jumlah soal dan target nilai

Strategi yang tak kalah penting adalah memperhitungkan jumlah soal dan jumlah target nilai. Jika jumlah soal 50 butir, berarti nilai 1 soal adalah 0.2. Jika benar menjawab sebanyak 25 butir soal maka akan memperoleh nilai 5.0. Untuk memperoleh nilai minimal 6.0 harus menjawab benar sebanyak 24 soal.

5.Jangan biarkan ada jawaban kosong

Ini prinsip penting. Sebelum diserahkan kepada pengawas ujian, pastikan semua soal sudah terjawab dalam lembaran jawaban. Jika ada beberapa soal yang betul-betul tidak bisa mengerjakannya, jawab saja dengan cara menebak atau memilih secara acak salah satu pilihan (jangan mencontek,lho?). Ini masih berpeluang untuk menjawab pilihan yang benar ketimbang dibiarkan kosong.

Demikian tips mengerjakan soal pilihan ganda. Mudah-mudahan ada manfaatnya buat siswa  atau buat yang mengikuti ujian seperti calon pegawai, dan ujian lainnya.

Share this :

20 Responses to "Tips Mengerjakan Soal Pilihan Ganda"

  1. Jadi inget waktu zaman sekolah dulu kalau mengerjakan soal ganda itu suka seneng ketimbang soal essay haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya, soal pilihan ganda masih bisa "diakali" ya mbak? Hehehe...

      Hapus
  2. Kalo sudah buntu, biasanya anak saya pake teknik no 3 Uda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu teknik cukup bagus, Uni Dea...

      Hapus
  3. Mengerjakan dengan teliti dan ber hati-hati tentu akan membuat hasil soal pilihan gandanya bisa makin memuaskan ya Pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas arie. Inilah kunci utama untuk memperoleh hasil ujian yang memuaskan...

      Hapus
  4. waktu saya masih sekolah kalo ngerjain tugas pilihan ganda saya suka menghitung kancing mas uda hahaha tapi itu juga nggak semuanya sih :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bertujuan untuk mengisi semua jawaban yang diberikan atau tidak membiarkan ada jawaban yang kosong ya, mbak?

      Hapus
  5. tambahan, jangan biarkan guru tau kalo kamu menyontek :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mas Intan. Apalagi kalau guru yang mengawas itu mempunyai mata yang tajam untuk mengamati siswa ujian...hehehe.

      Hapus
  6. Point kelima yg memang selalu sy ingetin ke anak sy, alasannya tepat sekali seperti yg mas Uda jabarkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, mbak. Dengan strategi begitu masih ada kemungkinan jawaban anak akan benar. Coba kalau dibiarkan kosong...tidak ada kemungkinannya memperoleh nilai.

      Hapus
  7. Wah keren keren Uda Awak. Sejak jaman saya masih duduk di bangku SMA juga sudah diberikan informasi ini. Hiehiehiehie. Jadi seperti mengulang masa lalu aja heiheihiee Iya POIN nomor 3 itu yang sering dsiampaikan guru. Bahkan saat Ujian UMPTN pun juga sudah diberikan kisi kisinya. CORET jawaban yang benar benar salah

    BalasHapus
  8. Iya, mas Asep...Tips seperti ini ternyata masih relevan dengan keadaan anak sekolah zaman sekarang...Toh model ujiannya masih tak berbeda dengan zaman doeloe, mas...

    BalasHapus
  9. waduh.. jadi ingat nih saya waktu SMP dulu. Persis seperti yang disampaikan guru saya dulu nih pak guru :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mas. Itu artinya, model ujian zaman dulu hampir sama dengan zaman sekarang sehingga memudahkan untuk mengingatkan anak-anak kita jika menghadapi ujian...

      Hapus
  10. Dulu, sewaktu sekolah. Pihak sekolah selalu beri pengarahan seperti itu sebelum mengahadi ujian. Dukungan pihak sekolah juga perlu untuk menghadapi UN

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, mas...Sosialisasi dan dukungan dalam menghadapi ujian termasuk UN sangat penting untuk keberhasilan siswa...

      Hapus
  11. Tips yang sangat bermanfaat mas,semoga dapat berguna bagi adek adek kita yang masih sekolah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih dukungannya, mas...

      Hapus