5 Tips Mengerjakan Soal Ujian Pilihan Ganda

5 Tips Mengerjakan Soal Ujian Pilihan Ganda

5 Tips mengerjakan soal ujian pilihan ganda – Ujian semester atau pun ujian nasional (UN) biasanya berbentuk pilihan ganda. Untuk ujian di tingkat SLTP terdiri 4 pilihan dan SLTA 5 pilihan. 

Tentu saja, soal ujian dengan 4 pilihan lebih besar peluang untuk dijawab dengan benar ketimbang 5 pilihan. Namun semua itu tergantung pada bagaimana kesiapan siswa untuk mengikuti ujian.

tips,cara,ujian,pilihan ganda

Kesiapan siswa menghadapi ujian tidak hanya dalam menguasai materi yang akan diujikan. Yang tak kalah penting adalah kesiapan teknis dalam menjawab soal-soal ujian tersebut. Yang dimaksud kesiapan teknis disini adalah strategi atau teknik mengerjakan setiap butir soal. 

Simak :Tips Ringan Menghadapi Ujian
Bagaimanan strategi dan teknik siswa dalam mengerjakan ujian berbentuk pilihan ganda? Ikuti 5 tips mengerjakan soal ujian pilihan ganda berikut ini:

1.Baca soal dengan teliti dan hati-hati

Kebiasaan siswa adalah tidak membaca soal dengan baik namun berambisi untuk melihat pilihan jawaban yang tersedia. Ini suatu kekeliruan yang sering dilakukan oleh siswa. Siswa akan bingung sendiri ketika pilihan yang tersedia terkesan hampir sama. Oleh sebab itu penting untuk membaca dan memahami pernyataan soal dengan teliti dan berhati-hati.

2.Kerjakan terlebih dulu soal yang dianggap paling mudah

Kebiasaan siswa mengerjakan soal dimulai dari nomor 1 sampai seterusnya secara berurutan. Tidak perlu seperti itu. Jika terasa sulit nomor satu, tinggalkan saja kemudian lanjutkan soal berikutnya yang dirasa lebih mudah.

3.Cari dan coret pilihan jawaban yang salah

Jika sudah dilakukan langkah nomor (2), langkah selanjutnya adalah melihat kembali soal yang agak sulit. Caranya, cari pilihan yang dianggap salah kemudian coret sehingga tersisa satu pilihan. Nah, pilihan inilah yang dianggap sebagai pilihan yang benar dan diisikanpada lembaran jawaban.

4.Perhitungkan jumlah soal dan target nilai

Strategi yang tak kalah penting adalah memperhitungkan jumlah soal dan jumlah target nilai. Jika jumlah soal 50 butir, berarti nilai 1 soal adalah 0.2. Jika benar menjawab sebanyak 25 butir soal maka akan memperoleh nilai 5.0. Untuk memperoleh nilai minimal 6.0 harus menjawab benar sebanyak 24 soal.

5.Jangan biarkan ada jawaban kosong

Ini prinsip penting. Sebelum diserahkan kepada pengawas ujian, pastikan semua soal sudah terjawab dalam lembaran jawaban. Jika ada beberapa soal yang betul-betul tidak bisa mengerjakannya, jawab saja dengan cara menebak atau memilih secara acak salah satu pilihan (jangan mencontek,lho?). Ini masih berpeluang untuk menjawab pilihan yang benar ketimbang dibiarkan kosong.
Demikian tips mengerjakan soal pilihan ganda. Mudah-mudahan ada manfaatnya buat siswa  atau buat yang mengikuti ujian seperti calon pegawai, dan ujian lainnya.

Posting Komentar