Tips Sederhana Merawat Gusi Penderita Diabetes

Tips sederhana merawat gusi penderita diabetes – Penyakit gusi atau yang dikenal oleh masyarakat luas sebagai penyakit gusi berdarah. Sungguh tidak mengenakan mengalami gangguan pada gusi. Mengunyah dan menelan makanan menjadi susah begitu pula menelan ludah. Pekerjaan rutin bisa terganggu kalau sudah mengalami masalah pada gusi ini.

Umumnya gangguan pada gusi ini disebabkan oleh kebersihan mulut yang kurang terjaga. Plak yang mulai menumpuk di sela-sela gigi dibiarkan menebal. Plak yang ada pada gigi merupakan hasil bentukan bakteri yang menimbulkan bau tak sedap. 

Lebih jauh plak ini dapat menimbulkan gingivitis (peradangan pada gusi). Gusi yang mengalami peradangan mudah sekali mengeluarkan darah. Perhatikan saat kita menyikat gigi yang tak sengaja terlalu kuat. Begitu pula saat menggigit buah atau makanan yang menyisakan berkas darah pada makanan itu.


tips,merawat,gusi,diabetes

Penderita diabetes perlu merawat gusi lebih ekstra. Begitu kata drg. Sandra Olivia, dari Fakultas kedokteran Gigi, UI. Menurutnya, penderita diabetes lebih rentan terkena penyakit gusi sehingga harus lebih rajin merawat kesehatan gusi. Jaringan gusi penderita diabetes lebih beresiko terhadap infeksi karena sirkulasi glukosa dalam tubuh terganggu.

Kadar glukosa dalam yang tinggi dalam air liur akan mendorong pertumbuhan bakteri mulut penyebab gangguan gusi. Itu sebabnya mengapa mulut penderita diabetes terasa kering, aliran ludah berkurang dan ada sensasi mulut rasa terbakar.

Berikut ini tips sederhana untuk merawat gusi khususnya penderita diabetes:
1.Penderita diabetes perlu memperhatikan kebersihan gigi lebih ekstra.
2.Menyikat gigi dengan benar minimal dua kali sehari, setelah sarapan pagi dan malamnya menjelang tidur.
3.Berlaku pola hidup sehat seperti tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol dan makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi.
4.Mengkonsumsi makanan bernutrisi cukup.
5.Banyak meminum air putih karena dapat memperlancar segala proses metabolism dalam tubuh.
6.Berkumur-kumur dengan zat anti septik untuk membuang plak atau sisa makanan yang terselip di antara gigi.

Share this :

15 Responses to "Tips Sederhana Merawat Gusi Penderita Diabetes"

  1. Tipsnya sangat bermanfaat sekali ini gan :) saya izin simpan yah :) salam kenal aja dari Cinta Teknologi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip deh mas. Silahkan disimpan dan terima kasih atas kunjungannya...

      Hapus
  2. Pilsafah mencegah memang lebih baik dari mengobati ya mas
    Kalo udah terjena diabet, pantangannya byk sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mas Pur...Kalau sudah terkena, atau masih gejala aja sudah banyak pantangannya...

      Hapus
  3. betul sekali ya mas, hampir rata rata penderita diabets mempunyai penyakit gigi dan gusi (walau tak semua) akibat dari tingginya kadar glukosa pada air liur mengakibatkan bakteri dan jamur, aku setuju sekali dengan saran diatas..

    BalasHapus
  4. tips yang menarik untuk dicoba nih mas :D

    BalasHapus
  5. Pastinya tips ini sangat berguna untuk para penderita ya mas Uda :)

    BalasHapus
  6. itu foto giginya siapa ya gan uda?hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fotonya anak admin sendiri, mas...hehehe.

      Hapus
  7. waduuuh saya mah baru tahu nie pak kalo penderita diabetes itu mempunyai masalah kesehatan pada gusi, jadi saling berhubungan ya? tips-tipsnya musti bener-bener diterapkan nie buat pencegaan :)

    BalasHapus
  8. Tips kesehatan yang bagus nih pak guru

    BalasHapus
  9. Trimakasih pak infonya berguna nih...
    http://themaming.blogspot.co.uk/

    BalasHapus