5 Hal Penting dalam Penyusunan KTSP

5 Hal penting dalam penyusunan ktsp – Setiap sekolah mempunyai potensi yang beraneka ragam. Antara satu sekolah dengan sekolah lain memiliki sumberdaya yang berbeda-beda. Potensi dan sumberdaya yang beragam ini akan menjadi pertimbangan dalam mengembangkan program dan kebijakan sekolah. Pihak pengelola sekolah mempunyai kewenangan penuh dalam menyusun dan menjalankan program pendidikan.

Kurikulum 2006 atau kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) mengakomodir kewenangan pengelola sekolah. Namun tetap mengacu pada standar nasional pendidikan (SNP). Implikasinya adalah lahirnya kurikulum sekolah yang aplikabel (dapat diterapkan). Setiap sekolah mempunyai kurikulum yang khas. Yang membedakan satu sekolah dengan sekolah lain. Baca juga: Sekelumit Nostalgia Kurikulum 2006

penyusunan,ktsp,kurikulum2006

Kurikulum sekolah merupakan dokumen penting sebagai pemandu kegiatan operasional sekolah. Oleh sebab itu penyusunan KTSP harus berorientasi pada potensi dan situasi kondisi sekolah. Ada 5 hal penting yang perlu dipertimbangkan dalam menyusun KTSP:

1.Sarana dan prasarana sekolah

Merupakan semua sumber daya yang dimiliki sekolah untuk menunjang kelancaran pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Segala bentuk kegiatan perlu disesuaikan dengan fasilitas yang dimiliki. Misalnya, apakah sekolah sudah mempunyai perpustakaan yang memadai atau belum, laboratorium IPA, laboratorium computer, alat-alat olah raga, dan lain sebagainya. Hal ini termasuk menjadi pertimbangan dalam menyusun kurikulum di skeolah.

2.Seni dan kebudayaan daerah

Penyusunan kurikulum disesuaikan dengan seni dan budaya yang dikembangkan oleh pemerintah daerah. Namun demikian perlu dipertimbangkan seni dan budaya apa yang cocok diterapkan di sekolah.

3.Lingkungan sosial dan ekonomi

Kebijakan dan program sekolah perlu mengacu pada kondisi sosial dan ekonomi masyarakat. Bagaimana perhatian masyarakat terhadap pendidikan, sumber pendapatan dan ekonomi masyarakat. Hal ini dilakukan agar semua program dan kebijakan sekolah diterima oleh orang tua siswa maupun masyarakat di sekitarnya.

4.Letak geografis

Lingkungan dan kondisi geografis juga perlu dipertimbangkan. Apakah sekolah berlokasi di ketinggian, perbukitan, di tempat keramaian, atau daerah lembah. Kemudian jarak sekolah dengan jarak rumah tempat tinggal siswa perlu juga diperhitungkan. Ini berguna untuk menerapkan aturan dan disiplin sekolah.

5.Dukungan pemerintah dan swasta

Yang tak kalah penting adalah dukungan pemerintah setempat terhadap pelaksanaan pendidikan. Begitu pula dengan pihak swasta yang ada di sekitar lingkungan sekolah. Termasuk dalam hal ini adalah alumni sekolah atau perantau-perantau yang berasal dari daerah tempat sekolah berada.

Jalinan kerja sama dengan pihak tersebut sangat penting artinya dalam memajukan pendidikan di sekolah. Bukan mustahil pihak ini akan memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan fisik sekolah, beasiswa, dan lain sebagainya.

Share this :

25 Responses to "5 Hal Penting dalam Penyusunan KTSP"

  1. wah iya persiapan balik lagi ke ktsp
    5 hal yg harus diperhatikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Wong. Kurikulum ini kan direncanakan diterapkan semester depan. Jadi tak ada salahnya masing-masing guru mencoba melihat-lihat kembali kurikulum tersebut...

      Hapus
    2. Mendapat ilmu dan pengetahuan baru saya di post nya Bapak Uda makasih ya Pak Atas post yang bermanfaat saya serap inti sarinya
      greetings mannered and cheerful

      Hapus
  2. dari ke lima hal tadi memang saling terkait ya mas. tujuannya jelas sama yg apa mas uda jelaskan di atas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas Pur. Keterkaitan semua potensi yang dimiliki sekolah akan memperjelas arah pelaksanaan pembelajaran di sekolah...

      Hapus
  3. aku jadi bingung mas sebagai orang tua murid, dan lagi sekarang kan lagi ujian, sedangkan kurikulum 2013 sedang berjalan.. kedapanya gimana yah..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak kemana2 lah jalan ya tetep ke depan :)

      Hapus
    2. Materi ujian anak tetap berdasar kurikulum 2013, mbak. Ujian naik kelas berlaku ujian untuk kurikulum 2006 jika memang diberlakukan semester depan...

      Hapus
  4. ke 5 hal penting dalam peyusunan ktsp sangat penting untuk kita pikirkan ya Pak. dan saya point banget dengan urutan point
    2.Seni dan kebudayaan daerah.
    Makjleb banget buat saya sebagai seorang juru hibur Masyarakat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas Saud...Seni dan budaya daerah akan berkembang jika diperkenalkan dan dipelajari sejak dini di usia sekolah...Maka kurikulum 2006 mengakomodasi hal ini, mas...

      Hapus
  5. saya malah tau kepanjangan dari ktsp setelah membaca artikelnya nih uda

    BalasHapus
  6. Intinya memang saling membahu dan mengisi biar proses dan hasilnya maksimal ya mas Uda :)

    BalasHapus
  7. kalau kurikulum 2013 itu gimana pula itu pak guru..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya cukup banyak pendapat terhadap kurikulum 2013 ini, mas. Namun menurut saya sendiri adalah menyeragamkan pola pelaksanaan pendidikan. Padahal potensi sekolah itu berbeda, di daerah perkotaan, pedesaan dan daerah terisolir. Kualitasnya pun jauh bebrbeda-beda.

      Hapus
  8. Sering saya dengar istilah KTSP ini. Istri saya mengajar Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Kubu Raya sering menyusun ini. Namun saya kurang ngeh. Baru ada tulisan Uda Awak tentang KTSP jadi tambah wawasan deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tugas administratif guru memang semakin banyak akhir-akhir ini apalagi semenjak adanya program sertifikasi, mas...Termasuk menyusun perangkat pembelajaran, baik berdasar ktsp maupun kurikulum 2013...

      Hapus
  9. Sepertinya mas awak ini guru iya? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe...Iya, mbak Ai...

      Hapus
    2. Oh pantesan membahasnya tentang pelajaran terus nih pak hehe

      Hapus
  10. baru tau kalau mau ngajar juga haru smerncanakan beberapa hal agar pengajaran tepat sasaran dan tepat guna untuk mencapai tujuan akhirnya ya gan. ok makasih atas pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbah. Karena yang dihadapi guru adalah orang-orang yang kondisi jiwa dan perasaannya dalam taraf perkembangan...

      Hapus
  11. wah, kurikulum kita sekarang berganti lagi ya pak, dan malah membalik ke belakang ya, tapi semoga kurikulum baru stok lama itu menajdi kurikulum terbaik yang bisa membawa bangsa kita menjadi bangsa yang pintar dan bermoral :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin...Terima kasih, pak Ibrahim. Kurikulum itu pada hakikatnya alat untuk mewujudkan anak bangsa menjadi pintar dan bermoral...

      Hapus