Contoh Penerapan Pola Hidup Sederhana

Contoh penerapan pola hidup sederhana – Sepertinya batasan hidup sederhana itu bersifat relatif, tidak berlaku mutlak.

Tergantung dari perspektif orang yang memandang dan telah menjalani pola hidup sederhana itu. Dari sudut mana orang tersebut memandang sikap hidup sederhana.

Namun secara umum dalam pembahasan kali ini, hidup sederhana adalah pola hidup keluarga yang tidak berlebihan menurut norma-norma tertentu yang berlaku dalam masyarakat. 

Keluarga merupakan unit terkecil suatu masyarakat. Oleh sebab itu, penerapan pola hidup sederhana dimulai dari lingkungan keluarga. Baca juga: Pola Hidup Sederhana dalam Keluarga

penerapan,kesederhanaan,keluarga

Kedua orangtua menjadi model langsung untuk menerapkan pola hidup sederhana tersebut. Jika kedua orang tua sudah menunjukkan perilaku hidup sederhana sejak awal maka tidak akan sulit menerapkannya kepada anak. 

Berikut ini dikemukakan beberapa contoh sederhana  penerapan pola hidup sederhana di lingkungan keluarga:

1.Berbicara

Berbicara sederhana dengan anak maupun suami atau istri yang diterapkan di rumah tangga akan berpengaruh pada perkembangan kepribadian anak. Mereka cenderung akan meniru dan menerapkannya di luar lingkungan keluarga. Berbicara rendah hati (bukan rendah diri). Berbicara apa adanya, tidak dibuat-buat, tidak angkuh dan sombong dalam berbicara.

2.Berpenampilan

Berpenampilan sederhana artinya tidak terlalu mencolok dibandingkan dengan orang di sekitar lingkungan pergaulannya. Ini ditunjukkan oleh penampilan kedua orang tua, baik di rumah, maupun pergi ke tempat tugas.

3.Berpakaian

Penerapan sederhana dalam berpakaian antara lain memakai pakaian dan perhiasan yang tidak mencolok di pandang mata. Memenuhi norma yang berlaku dalam agama, sosial dan budaya yang berlaku di tengah masyarakat.

4.Makan dan minum

Makanan dan minuman tidak harus mahal harganya. Namun bernilai sehat dan bergizi. Makan maupun minum berlebihan akan menimbulkan dampak terhadap perut. Selain itu menimbulkan efek boros dan mubazir. 

Sebaliknya, makan dan minum sederhana akan mengurangi resiko terjangkit dari berbagai penyakit yang bersumber dari makanan dan minuman tersebut. Jangan lupa baca: Sederhana Itu Indah dan Nyaman

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »