Inilah 2 Persiapan Penting Kegiatan Classmeeting

Inilah 2 persiapan penting kegiatan classmeeting – Kegiatan kesiswaan di sekolah ada yang bersifat rutin dan ada pula yang bersifat insidental. Semua kegiatan tersebut tergabung dalam kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Dalam pembahasan ini terfokus pada kegiatan ekstrakurikuler dalam bentuk classmeeting.

Kegiatan classmeeting  biasanya diadakan setiap akhir ujian semester secara rutin. Meskipun bersifat rutinitas, bukan berarti pelaksanaannya sangat mudah. Kegiatan ini perlu dipersiapkan dengan baik oleh warga sekolah, terutama oleh Pembina dan pengurus OSIS di sekolah bersangkutan.

persiapan classmeeting,ekstrakurikuler

Kegiatan yang mempertemukan siswa antar kelas dalam berbagai kegiatan seni, olahraga, dan lain sebagainya, mempunyai banyak manfaat. Terutama sekali mengendorkan saraf siswa setelah menghadapi ujian semesteran. Tentu saja manfaat yang lebih besar adalah membentuk kepribadian dan karakter siswa. 
Baca juga: Classmeeting Kendorkan Urat Saraf
Persiapan classmeeting di sekolah meliputi:

1.Persiapan administratif

Persiapan administratif penting dilakukan untuk mewujudkan arah maupun pertanggujawaban kegiatan kepada kepala sekolah. Pembina dan pengurus OSIS perlu melakukan pertemuan untuk membicarakan pelaksanaan kegiatan classmeeting. Apa bentuk dan jenis kegiatan yang diadakan.

Perencanaan kegiatan haruslah bersifat applicable (dapat diterapkan). Hal ini perlu disesuaikan dengan waktu tersedia, anggaran kegiatan, dan sumberdaya yang dimiliki sekolah. Melalui persiapan ini diharapkan kegiatan tersebut dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya. 
Baca juga: Menyusun Kerangka Proposal Classmeeting

2.Persiapan sarana dan prasarana

Segala sarana prasarana yang berkaitan dengan jenis kegiatan classmeeting perlu dipersiapkan sehari atau dua hari sebelum pelaksanaannya. Jika mengadakan pertandingan olah raga, apakah peralatan olah raga seperti bola voli, net, dan lapangan sudah memadai. Begitu pula tenis meja, sepak takraw, bu tangkis, dan lain sebagainya. Untuk kegiatan perlombaan seni dan budaya berupa tari, memerlukan persiapan yang lebih banyak.
Persiapan administratif dan perlengkapan akan menentukan kelancaran kegiatan classmeeting. Dengan demikian, tujuan dan sasaran kegiatan akan tercapai secara optimal. 

Share this :

0 Response to "Inilah 2 Persiapan Penting Kegiatan Classmeeting"

Poskan Komentar