Menjalin Keakraban Pihak Sekolah dan Orangtua

Menjalin keakraban pihak sekolah dan orangtua – Selama ini sering terjadi kesalahpahaman antara orangtua siswa dengan pihak sekolah. Setiap ada undangan rapat dari pihak sekolah atau pihak sekolah sudah pasti membicarakan masalah uang. Akibatnya banyak orangtua yang tidak memenuhi undangan pihak sekolah.

Orangtua merasa enggan untuk datang ke sekolah dengan berbagai alasan. Apalagi kebiasaan rapat di sekolah terlalu berlama-lama. Banyak susunan acara yang dibuat sekolah seperti kata sambutan dari berbagai pihak, sepatah kata (namanya sepatah kata namun lebih dari seribu kata), dan lain sebagainya sehingga tujuan utama rapat menjadi kabur. Orangtua pun akhirnya sudah merasa resah.

kerja sama,sekolah,orangtua

Seyogyanya, undangan dan pelaksanaan rapat dengan orangtua perlu dilaksanakan secara efektif dan tidak terlalu lama. Sebab orangtua siswa berasal dari berbagai profesi, pekerjaan, strata ekonomi dan taraf berpikir yang berbeda-beda. 

Ini perlu dikaji sebagai salah satu strategi penting agar orang tua siswa mempunyai motivasi yang tinggi untuk memenuhi undangan rapat dari pihak sekolah.

Undangan rapat dengan orangtua siswa biasanya dilakukan oleh komite sekolah. Biasanya undangan ini dilakukan pada saat tertentu seperti rapat paripurna tahunan komite dan rapat persiapan menghadapi ujian nasional. 

Rapat paripurna maupun rapat ujian nasional biasanya membahas masalah iuran di samping peningkatan kualitas sekolah.

Undangan pihak sekolah juga diadakan pada waktu tertentu. Misalnya saat menerima rapor mid semester, semester dan kenaikan kelas. Undangan pihak sekolah ini berpotensi dalam menjalin keakraban orangtua siswa dengan kepala sekolah, guru, tenaga administrasi dan tenaga lainnya.

Fokus utama undangan ini bukanlah masalah iuran sekolah. Akan tetapi lebih berorientasi untuk menjalin keakraban antara pihak sekolah dengan orangtua siswa. Hendaknya lebih banyak membahas tentang siswa. 

Bagaimana sikap dan tingkah laku siswa di sekolah maupun di rumah.  Masalah apa yang sedang dihadapi siswa dalam belajar. Bagaimana kemajuan belajar yang dicapai siswa.

Rapat antara pihak sekolah dan orangtua siswa mestinya tidak perlu berlama agar tidak membosankan orang tua. Sebab, orangtua juga mempunyai kesibukan di luar sehingga penyelenggaraan rapat tidak perlu banyak menyita waktu. Begitu pula pelaksanaannya tidak mengganggu jam belajar siswa.

Share this :

0 Response to "Menjalin Keakraban Pihak Sekolah dan Orangtua"

Poskan Komentar