Menulis Artikel: Di Media Cetak atau Blog?

Menulis artikel: di media cetak atau blog? – Menulis sudah menjadi hobi, bahkan menjadi sumber penghasilan bagi sebagian orang. Untuk menyalurkan hobi atau menjadikan sumber pendapatan, orang telah memilih media cetak maupun internet. Media internet dalam hal ini adalah blog.

Apa perbedaan menulis artikel di media cetak dengan blog? Menurut pengamatan admin matrapendidikan.com,  salah satu perbedaan yang paling menonjol adalah sasaran pembaca artikel. Artikel yang dimuat di media cetak akan dibaca oleh manusia. 

Penulisannya harus semenarik mungkin. Jika tulisan menarik dan dirasakan banyak manfaatnya menurut redaktur/editor pada media cetak bersangkutan, maka tulisan tersebut diterbitkan. Jika tidak, nasib artikel dikirim berakhir di  keranjang sampah tim redaksi.

artikel,media cetak,blog

Lain lagi menulis artikel untuk postingan di blog. Selain dibaca oleh manusia juga akan dibaca robot mesin pencari (search engine). Robot mesin pencari seperti google, bing, ask, dan lain sebagainya akan menjelajahi (crawl) setiap kata demi kata artikel postingan di blog.

Penulisannya memang harus semenarik mungkin. Bermanfaat bagi orang lain. Namun penulisannya perlu mempertimbangkan unsur SEO. Tujuannya agar artikel postingan akrab dan bersahabat (friendly) dengan robot mesin pencari.

Jika robot penjelajah suka dan akrab dengan artikel yang dibuat,  postingan akan ditempatkan pada halaman pertama mesin pencarian. Ini akan mendatangkan lebih banyak pengunjung dan pageview pada blog tersebut.

Selain itu, untuk menulis artikel di blog tidak serumit prosedur menulis artikel di media cetak. Admin blog bertindak sebagai penulis sekaligus editor artikelnya sendiri. Tidak perlu pengesahan orang lain. Kalau dirasa sudah bagus menurut admin langsung diterbitkan.

Itulah sekelumit perbedaan antara menulis artikel di media cetak dan blog. Semoga menambah bahan inspirasi sobat pengunjung.


Share this :

0 Response to "Menulis Artikel: Di Media Cetak atau Blog?"

Poskan Komentar