Penulis Blog Itu, Banyak Punya Masalah ?

Penulis itu, banyak punya masalah? – Apakah seorang penulis blog itu adalah orang yang banyak mempunyai masalah? Semestinya jawabannya benar! Mengapa? Inilah yang menjadi topik pembahasan kali ini.

Ketika sobat mengunjungi sebuah blog yang memiliki banyak artikel. Artinya, penulis blog itu membahas banyak masalah meskipun dengan niche tertentu? Dengan kata lain, penulisnya banyak mempunyai masalah untuk ditulis di blognya.

penulis,blog,masalah,tulisan

Semakin banyak masalah yang dipunyai penulisnya semakin banyak artikel yang dimuat di blognya. Saking banyaknya mempunyai masalah, penulis blog perlu mencatatnya dalam agenda khusus. Masalah ini kelak menjadi tema atau topik artikel yang akan ditulis. Baca kembali : Ide Menulis Sering Berawal dari Masalah

Ada yang menarik perhatian kita dari artikel yang ditulis oleh blogger profesional. Masalah yang sangat sederhana sekalipun akan menjadi menarik dan enak untuk dibaca. Inilah perlu kita pelajari dari mereka yang sudah mahir menulis.

Berbeda dengan yang belum profesional alias masih belajar, seperti admin matra pendidikan. Masalah yang dirasa penting dan rumit, kadang-kadang menjadi tidak menarik untuk dibaca. 

Bahkan pembaca merasa yang kita bahas adalah masalah sepele dan tidak rumit. Ternyata, penting atau tidaknya sebuah tulisan bersifat relatif. Tergantung pengunjung yang membacanya.

Kita juga bisa belajar, sekian banyaknya masalah yang dipunyai penulis blog. Masalah yang ditulis menjadi sebuah artikel  boleh jadi masalah yang dialami pribadi penulis sendiri. 

Ada juga yang menulis  masalah yang dialami oleh orang lain, lembaga atau instansi, atau kelompok sosial tertentu.

Ternyata, untuk membuat artikel yang banyak. Penulis blog harus banyak mempunyai masalah yang hendak ditulis meskipun itu diterbitkan secara bertahap.

Share this :

16 Responses to "Penulis Blog Itu, Banyak Punya Masalah ?"

  1. dan masalah itu yg akan menmbah banyak pengamalan secara tidak disengaja bagi para blogger, jika hal itu dinikmati dan dijalani ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar juga ya mas...Masalah yang dibahas sekaligus akan menambah pengalaman bathin para blogger...

      Hapus
  2. dengan membaca dan kemudian menulis akan menambah wawasan yang lebih luas, karena apa yang ditulis mempunyai sumber artikel dari membaca buku referensi misalnya, berbeda dengan ide menulis akan datang dengan sendirinya, semakin berfikir semakin banyak juga ide yang akan ditulis..sepertinya apa yang saya utarakan salah ya "uda" hehehehehe maap ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, benar banget koq mbak Shipe...Selain dari pengalaman diri sendiri, orang lain di sekitar kita, masalah yang ditulis juga berawal dari kegiatan membaca blog atau buku referensi...

      Hapus
  3. benr banget pak,,,tanpa ada yang dipermasalahkan sebagai seorang blogger tidak bisa menulis artikel...ide kreatif muncul dari satu masalah di kembangkan menjadi beberapa topik ide artikel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua itu perlu didukung oleh keterampilan mengembangkan topik masalah menjadi beberapa artikel, mas Purnama...

      Hapus
  4. berarti blog yg artikelnya sedikit itu si adminnya adem ayem gak punya masalah ya pak, sehingga catatan masalahnya cuma sedikit di blog hehehe :D ada2 aja nih penemuan pak uda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini hanya sekadar pengamatan dan analisa dalam satu aspek, yaitu topik/tema masalah saja, buk Indri...

      Hapus
  5. nah dari sekarang harus banyak cari masalah, biar banyak ide menulis...ya uda :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas Wong...Tentu saja banyak cari masalah kreatif dan positif mas...

      Hapus
  6. Terkadang justru dari dalam diri sendiri itulah tercipta banyak ide dan hal hal yang bisa dibagikan kepada orang lain. Cuma dalam hal ini ada perbedaan cara pandang saja. Jika yang dimaksud menulis hal melulu tentang diri sendiri bisa dianggap sebagai Jurnal Pribadi. Dan orang lain bisa "diajak" untuk menyelami apa yang kita rasakan dan alami. Boleh boleh saja itu dilakukan. Ide menulis bisa datang dari mana saja

    BalasHapus
  7. Iya seperti masalah dengan kecantikan atau kesehatan dan bisa di jadikan sebuah artikel gitu iya mas uda :)

    BalasHapus
  8. iya betul sekali bang, penulis ataupun blogger itu menulis krena ada uneg2 yg terpendam dan salah satunya menulis yg bisa menumpahkan segalanya :)

    BalasHapus
  9. ya kalo dilihat dari segi postingannya sih, memang harus memiliki ide yang banyak ya uda..
    ketika ada masalah maka akan muncul imajinasi untuk ditulis lewat blog.. saya setuju deh...

    BalasHapus
  10. kadang sanking banyaknya ide itu sendiri juga bisa jd masalah ya mas :)

    BalasHapus
  11. batua mah da,,
    awak se a yang dipikian,itu yang ka ditulih dek wak..

    BalasHapus