Peran Strategis Guru dalam Kurikulum Pendidikan

Peran Strategis Guru dalam Kurikulum Pendidikan

Peran strategis guru dalam kurikulum pendidikan – Pemberhentian kurikulum 2013 oleh kementrian pendidikan nasional, konon sudah melalui pertimbangan yang matang. 

Ada yang menyambut gembira, baik pihak guru, orang tua maupun siswa sendiri. Namun di pihak lain, ada yang meminta tinjau ulang kembali keputusan pemberhentian kurikulum tersebut. 

Tentu saja, kita juga perlu memahami bahwa permintaan peninjauan ulang tersebut, pasti melalui pertimbangan juga.

Lepas dari masalah penghentian kurikulum 2013 tersebut, semua sudah mengetahui bahwa kurikulum itu diperuntukkan buat siswa, bukan untuk guru. Kurikulum berpotensi untuk mengubah pengetahuan, sikap dan tingkah laku  serta keterampilan motorik siswa.

peran,guru,kurikulum,pendidikan

Potensi yang dimiliki kurikulum akan dapat memenuhi sasaran apabila dipahami, dijabarkan dan dijalankan oleh guru melalui pembelajaran. Artinya, guru memegang peranan paling strategis dalam kurikulum pendidikan. 

Pemahaman terhadap kurikulum berarti apa dan bagaimana arahan kurikulum sehingga menjadi panduan dalam melaksanakan pembelajaran.

Menjabarkan kurikulum artinya mengembangkan isi kurikulum sesuai dengan kondisi nyata di sekolah. Program pembelajaran yang disusun guru sebagai hasil penjabaran kurikulum tidak harus bagus dan muluk-muluk, yang penting dapat diterapkan secara ril di sekolah.

Pelaksanaan pembelajaran sangat ditentukan bagaimana guru memahami, menjabarkan dan menyusun perangkat pembelajaran. Kurikulum tidak bisa diterapkan secara mentah di sekolah. Melainkan perlu dikembangkan melalui penyusunan perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum pendidikan.

Apa pun kurikulum yang diberlakukan pemerintah dalam pendidikan, sesungguhnya sangat tergantung pada bagaimana peran guru. Guru berperan strategis dalam “menghidupkan” keberadaan kurikulum melalui pembelajaran. 

Kurikulum pendidikan itu adalah benda mati yang perlu digerakkan melalui proses dinamis di sekolah. Jangan lupa baca: Kurikulum Alat Mencapai Tujuan Pendidikan

Posting Komentar