Tips Ampuh Mempersiapkan Ujian Semester

Tips ampuh mempersiapkan ujian semester - Dunia sekolah kembali akan disibukkan oleh pelaksanaan ujian semester. Pelaksanaaan ujian semester ganjil ini diperkirakan akan  dimulai  minggu depan. Dengan demikian, baik sekolah penyelenggara maupun siswa harus berbenah diri untuk menghadapi evaluasi semesteran tersebut.

Ujian semester merupakan salah satu prosedur evaluasi untuk memperoleh nilai hasil belajar selama satu semester. Bahan ujian meliputi semua kompetensi dasar dalam satu semester. Sedangkan nilai yang diperoleh dari hasil ujian ini akan digabung dan diproses bersama nilai-nilai lain seperti nilai tugas, nilai ulangan harian dan nilai mid semester. Akhirnya diperoleh nilai rapor semester.

tips,persiapan,semester

Bagi siswa tingkat terakhir di setiap jenjang pendidikan, ujian semester ganjil ini tidak dapat dianggap ringan. Nilai yang diperoleh pada semester ini akan menjadi unsur penilaian dari nilai sekolah (Ns) untuk kelulusan ujian nasional. Oleh sebab itu siswa harus betul-betul siap secara fisik maupun mental.

1.Rajin beribadah dan berdoa

Rajin beribadah dan berdoa akan memberi energi luar biasa bagi siswa untuk menghadapi ujian semester. Kemudian meminta doa restu orang tua, saudara dan teman-teman lainnya. Keberhasilan dalam ujian tak lepas dari restu orang tua dan orang-orang terdekat dengan siswa.

2.Membenahi semua buku catatan pelajaran

Segera benahi semua buku catatan pelajaran, khususnya yang diuji-tuliskan untuk ujian semester. Catatan pelajaran sangat penting artinya untuk mengulang pelajaran kembali di rumah. Nah, bila ada catatan yang tidak lengkap, lengkapilah sesegera mungkin.

3.Memeriksa kembali nilai ulangan harian

Biasanya nilai ulangan harian yang sudah diperiksa dikembalikan oleh guru. Periksa kembali arsip nilai apakah ada nilai yang belum tuntas. Jika ada maka hubungi guru mata pelajaran yang bersangkutan untuk mencari penyelesaiannya. Nilai ulangan harian termasuk unsur penting dalam penentuan nilai rapor kenaikan kelas.

4.Pelajari kisi-kisi soal yang dibagikan guru

Biasanya menjelang ujian semester, guru membagikan kisi-kisi soal ujian mata pelajaran. Apakah siswa sudah memilikinya? Hal ini hanya sekadar untuk pedoman dalam mempelajari materi pelajaran yang akan diujikan.

5.Jaga kesehatan tubuh

Siswa perlu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Ujian dalam kondisi kesehatan terganggu akan merusak konsentrasi ujian. Atau boleh jadi siswa tidak dapat mengikuti ujian karena sakit.

6.Makan dan minum yang cukup

Makan dan minum tidak harus banyak ketika menghadapi ujian semester. Namun yang penting adalah makan dan minum yang cukup mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan otak.

25 Responses to "Tips Ampuh Mempersiapkan Ujian Semester"

  1. itu semua memang sangat penting di perhatikan untuk menghadapi ujian semester, dan sebaiknya jangan belajar wayangan, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, belajar wayangan itu memang sering menjadi kebiasaan sebagian siswa mas CC...

      Hapus
  2. saya kira kendala anak muda jaman skrng susah buat belajar malah habis waktu sama maen kalo ga online walau ujian didepan mata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya itu termasuk kendala namun hanya untuk segelintir anak sekolah yang memang sudah malas sejak awal bawaannya, mas...

      Hapus
  3. mental juga perlu di persiapkan ya mas, terkadang para siswa menganggap ujian ibarat ngadapin sesuatu beban berat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan memang seperti itu, mbak. Belum lagi ujian sudah mengalami beban mental berat...

      Hapus
  4. tips yang sangat membantu sekali ini mas

    bagi mereka yang pada posisi lagi menghadapi ujian semester :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, terima kasih, mbak Intan...

      Hapus
  5. Hebat nih.. jika tips pak guru ini betul-betul dijalankan, maka tidak menutup kemungkinan siswanya pada juara semua, hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin...Mudah-mudahan ya, mas...?

      Hapus
  6. perlu juga ni tips dari pak guru untuk diterangkan ama mahasiswa saya, heehee bertepatan kan sudah mau mendekati ujian semester :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, ya. Semoga mahasiswanya pak Ibrahim lebih mengembangkan tips ini menjadi lebih luas...

      Hapus
  7. Betul mas Uda dengan menjaga kesehatan tubuh juga tentunya sangat membantu dalam mempersiapkan ujian semester agar pikiran jadi lebih fresh dan sehat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas eka. Ujian dapat dihadapi jika fikiran dan tubuh yang bugar...

      Hapus
  8. Sebagai penunjang nilai dengan hasil baik selain belajar dirumah atau mengikuti pelajaran ekstra kulikuler disekolah alngkah baiknya siswa juga mengikuti Bimbingan Belajar yang menyediakan berbagai modul-modul pembelajaran dengan cara cepat, disamping membantu siswa dalam memperoleh hasil dengan nilai yang baik, siswa juga diajarkan berbagai cara penyelesain dengan teknik yang cukup sederhana dan tidak membingungkan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, betul mbak Shipe...Ini akan membantu siswa dalam mengerjakan ujian semester. Mengikuti bimbel biasanya membuat anak menjadi terampil menjawab soal-soal ujian...

      Hapus
  9. pas banget diterapin buat anak2, jelang ujian mereka harus fokus

    kalo saya dulu sistem kebut semalem belajarnya, ditambah kebut bikin coretan kecil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. SKS plus jimat ampuh ya mas...hehehehe...

      Hapus
  10. nah ini penting sekali buat siswa dan para prang tua buat ngingetin lagi ke anak2 nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas Pur. Mudah-mudahan orang tua ikut menyokong persiapan anak dalam menghadapi ujian semester...

      Hapus
  11. kalo zaman sekarang kebanyakan siswa belajarnya pakai sistem SKS, sistem kebut semalam. padahal kalo belajar dari hasil catetan sama bekas ulangan harian, pasti bisa ngerjain uas ya uda...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mas Fazri...Soal-soal ujian itu tidak akan jauh berbeda dengan ulangan harian dan bahannya juga ada di catatan siswa. Mungkin bentuk soal yang akan berbeda...

      Hapus
  12. jangan lupa juga untuk bersantai agar lebih fresh dan tidak tegang da....karena kalau ujian tegang, pasti akan membuat repot sendiri dan kadang mengerjakan soal jadi tidak fokus. terima kasih atas infonya dan pencerahannya da.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh, iya mbah. Kondisi mental dan pikiran harus dalam keadaan santai dan fresh...hehehehe.

      Hapus
  13. harus rajin belajar dan baca materi pelajaran yang diberikan oleh guru ya mas, agar bisa mengerjakan tes semesteran dan bisa daapat nilai yag bagus :)

    BalasHapus