Banyak Duduk Berat Badan Bertambah

Banyak duduk berat badan bertambah – Ada perubahan mendasar tentang pola aktivitas admin matra pendidikan setelah terjun ke dunia blogging. Terjun ke dunia ngeblog ini sekitar tahun 2010 namun lebih serius menekuni dunia ini tahun 2012. Karena sejak itu bergabung dengan google untuk menjadi publisher adsense. Aktivitas menjadi lebih banyak duduk ketimbang aktivitas anggota alat gerak tubuh. Duduk ber jam-jam lamannya mempelototi layar komputer.

Sebelum terjun ke dunia blogging, lebih suka beraktivitas di luar rumah. Aktivitas ini lebih banyak mengeluarkan keringat. Apalagi sekali-sekali ikut kegiatan olah raga bersama murid-murid. Selain kegiatan rutin sebagai pengajar, juga aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Pendek kata, lebih banyak melakukan kegiatan yang membutuhkan gerak sehingga mengeluarkan keriungat.

pertambahan,berat,badan

Kini aktivitas harian lebih banyak duduk ketimbang aktivitas gerak. Rupanya ini yang menjadi biang kerok berat badan bertambah. Yang lebih lucu lagi, perut semakin mau maju alias menonjol ke depan. Sudah seperti bos-bos besar. Tapi kayaknya tidak ada tampang untuk menjadi bos besar…hehehehe.

Banyak duduk telah menyebabkan timbunan lemah dalam tubuh. Pengeluaran keringat yang sedikit telah membuat tubuh terasa pegal-pegal dan berat. Sendi dan alat gerak tubuh yang lainnya seakan canggung ketika melakukan aktivitas yang membutuhkan pergerakan. Nafas terasa sesak dan ngos-ngosan jika memegang pacul untuk membersihkan halaman rumah. Ketika mencoba bermain bola voli atau sepak bola sebagaimana hobi sewaktu muda. Serasa mau pingsan di tengah lapangan.

Untung saja admin lebih suka banyak minum. Minum air putih dan kopi. Minum suplemen penambah energi. Pokoknya banyak mengkonsumsi sesuatu yang banyak mengandung air. Begitu pula buah dan sayur. Hanya saja, yang paling malas sampai sekarang, melakukan olah raga! Pada hal teorinya, dalam hidup harus banyak olah raga. Namun menerapkannya sungguh terasa berat. Berat sekali…

Share this :

20 Responses to "Banyak Duduk Berat Badan Bertambah"

  1. jadi harus perbanyak olahraga ya pak ... ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mas. Tapi masih belum sempat untuk berolah raga meskipun itu hanya sekedar jalan kaki...

      Hapus
  2. wah keren uda photo modelnya.. terus terusan duduk gak baik juga ya kali, otot, sendi dan tulang mesti bergerak supaya perut ga makin mancung hehe tapi aku lihatnya asik, ditemenin kopi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keasyikan ditemanin kopi plus rokok serta membalas komentar mbak Santi telah membuat saya lupa menggerakkan otot sendi dan tulang di luar rumah, mbak...hehehe.

      Hapus
  3. betul sekali Uda, apalagi saya setelah selesai makan langsung dech kemabli ke depan laptop,, duduk berjam-jam.. dan hasilnya, berat badan saya meningkat, dari 75kg sekarang sudah 83kg.. perut pun mulai buncit...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho, kok bisa sama kebiasaan ngeblog kita mas? Hehehe...Ini perlu kita lakukan "perang" terhadap kebiasaan ini, biar semuanya tidak terlambat, mas...

      Hapus
    2. salah satunya harus pandai mengatur jadwal uda

      Hapus
    3. Perlu dibuat jadwal khusus kali ya mas?

      Hapus
    4. nah setuju dengan mas Yan..

      Hapus
  4. wah kalau saya kok ya masih tetap kayak gini ya pak, langsing terus, alias kurus, hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarpun kurus dan tinggi, tapi cocok dan gesit untuk bermain bola voli ya mas? Heheheh...

      Hapus
  5. memang perlu diimbangi dengan banya air putih bila banyak duduk ngeblog ya uda,dan idelanya memang rutin berolahraga agar tidak menjadi tambun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan ada waktu untuk berolah raga atau paling tidak jogging, mas Yanto...

      Hapus
  6. Klo pas sekolah duduk terus pak, gmna solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya, proses belajar dan mengajar itu bersifat dinamis. Ada hal atau momen tertentu yang menghendaki agar guru maupun siswa tidak banyak duduk...Misalnya, guru memberi tugas untuk mengerjakan sesuatu di depan. Jika terasa ngantuk atau capek silahkan minta izin walaupun sekedar menggerak-gerakkan tubuh di luar kelas...Dan masih banyak solusi lainnya, mas...

      Hapus
  7. harus diimbangi dengan olehraga nih ya pak guru. ditambah minum air putih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minum air putihnya sudah mas. Namun olah raga yang kurang untuk mengimbanginya...

      Hapus
  8. karena jadwal nge-blog nya yang lumayan padat ya uda, jadi tidak sempat olahraga....hampir semua blogger merasakan hal yang sama

    BalasHapus
  9. wih takut aku bang, berarti bb ku bisa naik lgi donk kalo kerjaku ngeblog terus, duduk manis depan laptop :)

    BalasHapus
  10. Wah nda banyak duduk aja badan saya sudah bulat. Sudah kelebihan berat badan. Ditambah banyak duduk = lengkap sudah penggemukan badan

    BalasHapus