Banyak Duduk Ketika Mengajar

Banyak Duduk Ketika Mengajar

Banyak duduk ketika mengajar – Di mata siswa, setiap guru itu memiliki pola dan cara mengajar yang unik. Unik dalam hal ini berbeda  antara satu guru dengan yang lainnya. Namun perlu diperhatikan jika keunikan yang ditampilkan oleh guru telah menimbulkan masalah pengelolaan kelas.

Misalnya, seorang guru terlalu banyak duduk di kursi guru ketika mengajar di kelas. Menjelaskan materi pelajaran sambil duduk. Malas menulis di papan tulis. Nah, tanpa disadari kebiasaan unik ini akan menjadi bumerang bagi guru bersangkutan. Mengapa?

Perhatian guru dalam mengajar tidak merata ke seluruh kelas. Hanya murid bagian depan yang selalu mendapat perhatian. Apalagi murid yang duduk di bagian depan bertubuh tinggi. Bagian belakang terhalang sehingga memungkinkan mereka tidak serius mengikuti pelajaran.

kebiasaan mengajar,duduk,menerangkan pelajaran

Kondisi ini sering dimanfaatkan siswa untuk melakukan kegiatan di luar materi belajar. Misalnya, tidur-tiduran dengan merendahkan kepala ke atas meja belajar siswa, mengobrol dengan teman terdekatnya, bahkan online via hp yang berhasil mereka selundupkan ke dalam kelas, dan aktivitas lainnya. Bahkan kondisi ini berpotensi besar untuk menciptakan gangguan  proses belajar yang sedang  berlangsung.

Mengajar dan belajar merupakan proses yang dinamis. Ada interaksi atau hubungan timbale balik antara siswa dengan guru, atau siswa dengan sumber belajar yang ada serta temannya sendiri. Terciptanya interaksi yang dinamis juga sangat ditentukan posisi berdiri guru ketika mengajar.

Posisi berdiri guru yang bervariasi, ketika menulis di papan tulis, saat menerangkan pelajaran dan kondisi lainnya. Ini memungkinkan guru dengan mudah mengelola kegiatan belajar siswa yang begitu banyak dalam ruangan kelas. Pandangan guru kepada murid tidak monoton.

Guru bisa memantau keadaan siswa di bagian belakang, pojok kiri maupun kanan. Dapat mengedarkan pandangan ketika berbicara kepada semua siswa. Ini hanya dapat dilakukan dengan baik ketika guru merubah-ubah posisi berdiri ketika mengajar.

Posting Komentar