Buah Pepaya Membentuk Pola Bintang Lima

Buah papaya membentuk pola bintang lima – Artikel ini hanyalah hasil daur ulang dari artikel yang pernah dimuat dan dihapus di blog ini. Hal ini disebabkan fikiran admin mengenai adanya jenderal berbintang lima pada zaman orde baru. 

Rupanya tidak hanya jenderal atau hotel yang berbintang lima. Buah papaya pun ada yang membentuk pola berbintang lima. Mudah-mudahan tetap menarik untuk dilihat.

Dalam pelajaran Biologi di sekolah, pepaya termasuk tumbuhan biji monokotil (berkeping satu). Daun membentuk pola menjari, batangnya tidak bercabang dan berbatang palsu dan berakar tunggal. Namun dalam pelajaran itu tidak disebutkan kalau pola buahnya berbintang lima.

Mungkin sobat matra pendidikan juga pernah menemukan buah pepaya membentuk pola unik ini. Jika dipotong membelintang akan ditemukan buah pepaya dengan pola yang mirip bintang lima. Warnanya orange dan segar, menimbulkan minat dan selera untuk mengkonsumsinya.

pepaya,bintang lima

Memang, pepaya bukanlah buah yang asing bagi kebanyakan orang Indonesia. Hampir semua orang memakan buah pepaya sebagai buah pencuci mulut. Buah pepaya (bahasa latin: carica papaya L) yang kita kenal sehari-hari memiliki biji yang begitu banyak. Kadang-kadang kita agak repot menyingkirkan biji pepaya itu sebelum memakannya. Sebab, jika terkunyah biji pepaya akan pahit.

Konon sejarahnya, tumbuhan papaya berasal dari benua Amerika. Tepatnya di bagian selatan Mexiko dan bagian utara Amerika Selatan. Karena termasuk tumbuhan daerah tropis, maka papaya banyak ditemukan di berbagai belahan dunia termasuk wilayah Indonesia.

Di Indonesia, pepaya termasuk tanaman yang mudah tumbuh. Saking mudahnya, orang tak perlu susah-susah menyediakan areal khusus untuk bertanam buah papaya ini. Ketika seseorang membuka buah pepaya, kemudian bijinya dibuang begitu saja. 

Misalnya di buang ke halaman. Biji pepaya ini akan tumbuh dan berkembang dengan sendirinya. Tidak perlu diberi pupuk, disirami air, atau dirawat sebagaimana layaknya tanaman lain. 

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

32 komentar

Write komentar
6 Januari 2015 11.41 delete

jarang mas saya nemu isi pepaya bentuk bintang, pernah juga bentuk hati ;)

Reply
avatar
6 Januari 2015 12.25 delete

Iya, mbak. Ini pun kebetulan saja istri saya membeli pepaya di pasar tradisional...

Reply
avatar
6 Januari 2015 14.05 delete

sepertinya dengan pola bintang buah pepayanya tambah berkhasiat ya bang hehe

Reply
avatar
6 Januari 2015 14.16 delete

ini tergolong jenis buah pepaya apa ya pak?kok keren banget, ingin membudidayakan pumpung ada pekarangan yang kosong

Reply
avatar
6 Januari 2015 15.55 delete

saya biasanya bentuk bintang 12 emang gitu si rata"

Reply
avatar
6 Januari 2015 17.05 delete

Iya, mbak. Pola bintang dan warna daging yang orange segar danm mengundang selera, mbak...

Reply
avatar
6 Januari 2015 17.07 delete

Saya kurang tahu persisnya, mas Pur. Tapi kata orang di tempat tinggal saya diberi nama pepaya bangkok katanya...

Reply
avatar
6 Januari 2015 17.08 delete

Wow...lebih banyak lagi polanya ya mas?

Reply
avatar
6 Januari 2015 21.27 delete

jarang juga sih nemuin kek ginian da,, tapi kalo dikampung saya sih pernah

Reply
avatar
6 Januari 2015 22.01 delete

mantap nih blog pak guru. bisa semakin luas nih topiknya..
giling terus pak guru:D

Reply
avatar
6 Januari 2015 22.38 delete

pepaya dengan rongga bintang lima yang sempurna seperti itu memang jarang ditemukan. kalau bintang lima gak beraturan banyak dan sering ketemu. keunikan pepaya terletak pada tumbuhannya juga, karena pepaya bisa berbuah banyak walau hanya berdahan satu. apalagi kalau ditanam di tanah yang mempunyai kelembababn tinggi. ternyata bukan hanya jendral dan hotel aja ya bintang lima.

Reply
avatar
6 Januari 2015 22.53 delete

beli pepaya untuk dimakan atau di foto doang da? heeee

Reply
avatar
6 Januari 2015 22.54 delete

tuh kan mbak santika ada-ada aja, pake pol segala bikin tambah jos. tetap aja pepaya mbak santika. kan situ jagonya masalah buah dan sayuran. heheee

Reply
avatar
6 Januari 2015 22.55 delete

Kayaknya memang begitu mas Wicky...Termasuk langka pepaya berpola seperti ini...

Reply
avatar
6 Januari 2015 22.57 delete

Sip mas...Giling teyuuussss...hehehe.

Reply
avatar
6 Januari 2015 23.00 delete

Iya, mbah. Saya terkesan dengan istilah bintang lima; jenderal dan hotel berbintang lima. Ini pepaya berbintang lima, sudut bintangnya teratur lagi...

Reply
avatar
6 Januari 2015 23.09 delete

Untuk dimakan dong, mbah. Kebetulan menarik perhatian sehingga sempat difoto terlebih dulu. Tapi sekarang tinggal hanya fotonya...hikz...hikz...hikz..

Reply
avatar
7 Januari 2015 05.54 delete

eh iya tuh beneran...polanya bagus banget ya...

Reply
avatar
7 Januari 2015 07.51 delete

Wah jarang jarang juga saya menemukan pepaya yang bisa berongga ruas lima seperti itu. Kebetulan kami rajin membeli buah pepaya karena banyak manfaatnya. Hmmm aneh dan unik nya juga. SUbhannallah

Reply
avatar
7 Januari 2015 08.45 delete

Iya, mbak...Bagus dan mengundang selera...hehehe.

Reply
avatar
7 Januari 2015 08.46 delete

Betul juga, mas Asep...Saya hanya sekali itu menjumpai. Sekarang enggak pernah menemukannya lagi...

Reply
avatar
7 Januari 2015 08.47 delete

Iya, mbak Santi memang jagonya masalah buah dan sayur buat kesehatan tubuh...hehehehe.

Reply
avatar
7 Januari 2015 09.53 delete

Wah kapan2 kalo beli coba tak perhatikan deh

Reply
avatar
7 Januari 2015 11.53 delete

Saya sih ndak seberapa takjub melihat pepaya bintang lima ini Pak Uda Awak. Saya takjub terhadap Pembuat pola bintang lima dalam buah pepaya ini. Bahkan kita banyak sekali diperlihatkan tanda-tanda KekuasaanNYa di kehidupan sehari-hari. Subhanallah.

Reply
avatar
7 Januari 2015 11.58 delete

memang lebih mantap pepaya jenis ini ya mas.. soal rasa dan tekstur dagingnya lebih lembut di banding pepaya biasa

oh ya..perasaan mas uda udah pernah posting artikel ini ya mas... apa perasaan sy aja hehe

Reply
avatar
7 Januari 2015 13.10 delete

keren tuh pepaya bentuk pola bintang,,,
saya ngak pernah nemu yang kayak gitu,,,
malah ngak saya perhatikan klo beli buah pepaya,,,
biasanya langsung kupas kulitnya , buang bijinya dan saya makan ...

Reply
avatar
7 Januari 2015 13.12 delete

Semoga beruntung dan menemukan pepaya yang membentuk pola unik ini, mas Huda..hehehe..

Reply
avatar
7 Januari 2015 13.17 delete

Wah, benar banget mas Dory...Semua itu mengingatkan bahwa kepandaian dan kekuasaan kita manusia ini belum apa-apanya dibanding kekuasaan-Nya.

Reply
avatar
7 Januari 2015 13.19 delete

Mas Pur, benar koq. Artikel ini pernah dimuat namun dihapus sehingga perlu didaur ulang kembali sebagaimana dituliskan di alinia pertama artikel ini, mas...

Reply
avatar
7 Januari 2015 14.13 delete

Betul, mbak Dian. Saya pun enggak sengaja memperhatikan pola pepaya yang sudah dipotong. Dengan cepat saya ambil handpon untuk menjepret sebelum dimakan oleh keluarga saya...

Reply
avatar
7 Januari 2015 23.08 delete

coba dibuat video uda... kirim ke on*thespot, karena hal ini unik sekali, siapa tau dapat bingkisan... kalau saya tidak pernah memperhatikan. jadi kurang tau bentuknya...

Reply
avatar
8 Januari 2015 07.19 delete

Selain buahnya yang mengandung banyak vitamin...daun pepaya juga bisa dimasak untuk bahan sayuran...meskipun pahit tapi kalau mengolahnya dengan benar rasa pahitnya bisa hilang....

Reply
avatar