Menguji Hukum Ohm Melalui Praktikum

Menguji hukum ohm melalui praktikum – Kegiatan praktikum di labor IPA merupakan salah satu kegiatan pembelajaran untuk pembuktian hukum dan konsep fisika. 

Artinya, segala konsep dan hukum fisika sudah ditemukan oleh para ahli fisika. Siswa berlatih bekerja berdasarkan langkah metode ilmiah yang dilakukan oleh para ahli.

Salah satu kegiatan pembuktian ilmiah hukum fisika adalah hukum ohm. Adalah Georg Simon Ohm, seorang ahli fisika berkebangsaan Jerman, menemukan hubungan antara arus listrik dengan beda potensial. 

Penemuan ini selanjutnya dikenal dengan hukum ohm, dimana kuat arus yang mengalir dalam suatu penghantar sebanding dengan beda potensial antara ujung-ujung penghantar itu jika suhu penghantar tetap.

menguji hukum ohm,kegiatan praktikum,labor IPA

Hukum ohm ditulis dengan persamaan sebagai berikut:

V = IR

dimana V= beda potensial, satuannya volt (V)
R=hambatan listrik, satuannya ohm (Ω)
I=kuat arus listrik, satuannya ampere (A)

Rumus V = IR dapat diturunkan menjadi:
     a.   I  = V/R
     b.   R = V/I

Untuk menguji hubungan kuat arus dengan beda potensial dalam sebuah rangkaian listrik dapat dilakukan praktikum sederhana di laboratorium IPA sekolah. Jika peralatan tidak cukup, praktikum dapat dilakukan melalui metode demonstrasi. 

Begitu pula jika labor IPA tidak memiliki alat multitester/avometer, dapat digunakan basicmeter/galvanometer serta shunt dan multiplier. Baca juga : Memberdayakan Laboratorium IPA di Sekolah

Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah sumber arus listrik, saklar, rheostat, unit basicmeter, resistor dan kabel secukupnya. Lihat kembali: Mengenal Alat dan Bahan Praktikum Listrik Dinamis

Berikut disajikan contoh tabel hasil pengujian:

No
Tahanan (R)
Tegangan (V)
Kuat Arus (I)
1
1.96
4.00
2.05
2
2.00
4.36
2.18
3
1.98
4.80
2.42

Dari hasil pengujian yang tertera pada table di atas, terbukti bahwa jika nilai beda potensial diperbesar dengan mengatur nilai tahanan, maka nilai kuat arus listrik juga semakin besar jika.  Artinya beda potensial berbanding lurus nilainya dengan kuat arus listrik.

Semoga pengujian hukum ohm ini bermanfaat buat siswa maupun guru khususnya siswa dan guru SMP/MTs yang sedang melakukan praktikum hokum Ohm di sekolah masing-masing.

Share this :

0 Response to "Menguji Hukum Ohm Melalui Praktikum"

Poskan Komentar