Ciptakan Kondisi Nyaman untuk Anak Belajar di Rumah

Ciptakan kondisi nyaman untuk anak belajar di rumah – Rumah tempat tinggal tidak harus mewah. Mempunyai sarana dan fasilitas lengkap. Rumah seperti ini pun sesungguhnya tak berarti apa-apa jika suasana dan kondisinya tidak nyaman untuk anak belajar. 

Rumah tempat tinggal, khususnya di pedesaan, seyogyanya memenuhi syarat layak huni. Bersih luar dan dalam. Mempunyai sirkulasi dan pencahayaan yang cukup. Sehingga nyaman dan tenang untuk aktivitas belajar anak di rumah. Baca juga: Rumah Sehat Melindungi Keluarga

Suasana nyaman dan tenang untuk anak-anak belajar tidak hanya dari faktor fisik rumah. Namun hendaknya juga bebas dari suara hiruk pikuk dan kebisingan. Tentu saja sangat sulit menciptakan suasana dengan kondisi lingkungan seperti ini. Baca yang ini: Menciptakan Suasana Belajar Kondusif di Rumah

rumah,belajar,anak

Ketika anak belajar, orangtua dan anggota keluarga yang lain harus mendukung dan menciptakan suara nyaman. Mereduksi segala sesuatu yang akan mengganggu dan merusak konsentrasi anak ketika belajar. Kalau berbicara tidak terlalu kencang ketika anak sedang  konsentrasi belajar.

Memberikan dan menyediakan makanan dan minuman ringan untuk anak belajar di rumah akan menambah semangat dan keinginan anak untuk belajar. Perhatikan juga kebiasaan anak dalam belajar. Apakah anak terbiasa belajar sambil mendengarkan musik? Menggunakan gadget atau tidak?

Perlu diperhatikan orangtua, tidak selalu bunyi musik dari gadget atau mobile dapat mengganggu anak belajar. Ini perlu diperhatikan bagaimana kebiasaan anak belajar sambil mendengar musik. Apakah berpengaruh positif terhadap kemajuan belajar atau sebaliknya.

Begitu pula penggunaan mobile dan gadget oleh anak saat belajar. Mungkin tidak selalu mengganggu anak. Bahkan bagi anak, perangkat seluler dan gadget menjadi sarana untuk belajar mandiri. 

Misalnya, fasilitas browser akan membantu anak mencari sumber belajar di media internet dengan cepat dan mudah. Sekali lagi, orangtua perlu memahami karakter dan kebiasaan belajar anak.  Jika tidak memungkinkan anak menggunakan fasilitas itu saat belajar sebaiknya disita saja untuk sementara waktu.

Untuk menciptakan susana belajar yang bervariasi. Mungkin ada baiknya orangtua menyediakan tempat duduk sederhana.  Dari bambu atau kayu di bawah pohon yang rindang di halaman atau samping rumah. 

Paling tidak tempat belajar bersama ini di teras depan rumah. Anak-anak bisa belajar bersama teman-temannya di tempat ini dengan suasana bervariasi.   

Tentunya, masih banyak lagi upaya yang dilakukan orangtua menciptakan kondisi rumah yang nyaman dan menyenangkan anak belajar.

Share this :

0 Response to "Ciptakan Kondisi Nyaman untuk Anak Belajar di Rumah"

Poskan Komentar