5 Tips Agar Rambut Tidak Cepat Beruban

5 Tips agar rambut tidak cepat beruban – Apakah rambut Anda sudah mulai beruban? Uban sudah mulai nampak di kepala Anda? Itu adalah hal yang wajar dan alamiah.  

Semua orang yang memiliki rambut di kepala, pasti akan ditumbuhi oleh uban pada waktunya. Bahkan, tumbuhnya uban di kepala menjadi pertanda dan peringatan bagi seseorang akan usianya.

Memang, tumbuhnya uban di kepala disebabkan oleh banyak hal; seperti faktor usia dan keturunan. Selain itu ada juga yang disebabkan oleh cara perawatan dan perlakuan terhadap rambut yang salah. 


tips,rambut,tidak beruban

Cara dan perlakuan keliru ini akan menyebabkan kerusakan pada kulit kepala dan akar rambut. Akibatnya dapat tumbuh uban lebih cepat atau sebelum masa tumbuhnya tiba.

Munculnya uban sebelum waktunya akan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Merasa diri cepat tua dibandingkan dengan teman-teman sebaya. 

Bagi kaum perempuan, mungkin tidak menjadi masalah karena bisa ditutupi dengan penutup kepala atau jilbab. Tidak demikian dengan kaum pria. Uban akan nampak setiap saat oleh orang di sekitarnya.

Lalu, bagaimana upaya agar uban tidak cepat tumbuh di kepala? Kuncinya adalah perawatan dan perlakuan yang benar terhadap rambut sejak awal. Jika rambut dirawat dengan baik dan alami, diperlakukan dengan baik maka uban akan tumbuh secara normal pada masanya tiba.

Berikut ini adalah beberapa tips agar uban tidak cepat tumbuh berdasarkan pengalaman emperis admin matra pendidikan:

1.Menyisir rambut dengan benar dan teratur

Menyisir rambut dengan benar dan teratur akan membuat rambut tumbuh subur. Rambut yang tumbuh subur pertanda akar rambut dan kulit kepala dalam kondisi sehat. Ini akan menyebabkan uban tidak cepat tumbuh di kepala. 
Lihat : Tips Menyisir Rambut Agar Tumbuh Subur

2.Hindari memberi warna pada rambut

Kebiasaan memberi warna atau mengecat rambut akan berdampak pada cepatnya pertumbuhan uban. Oleh sebab itu sebaiknya menghindari perlakuan untuk memberi warna atau mengecat rambut. Jika sudah mulai nampak uban beberapa helai di kepala dan Anda merasa tidak nyaman, lebih baik dicabut saja. Namun kalau sudah banyak lebih baik dibiarkan saja.

3.Jangan terlalu sering mengacak-acak rambut dengan cara kasar

Kadang-kadang menjadi kebiasaan untuk mengacak-acak rambut secara kasar. Misalnya tanpa sengaja menggarut kepala dengan kuku tajam atau benda yang runcing untuk menghilangkan rasa gatal di kulit kepala. Kebiasaan ini akan merusak kulit kepala dan akar rambut.

4.Konsisten menggunakan bahan pencuci rambut

Sering berganti-ganti pembersih, atau minyak rambut bagi pria, akan cepat memancing pertumbuhan uban di kepala. Oleh sebab itu, gunakan pencuci rambut secara berkala dan konsisten. Bagi yang menggunakan minyak rambut jenis tertentu dan sudah sesuai, usahakan untuk tidak menggantinya dengan jenis lain.

5.Menggunakan sabun mandi sebagai pembersih rambut

Mungkin di antara kita ada yang mengalami masalah dalam menggunakan pembersih dan minyak rambut. Gunakan saja sabun mandi sebagai pembersih rambut. Cara ini lebih baik daripada memaksakan diri untuk menggunakan pembersih rambut yang tidak cocok dengan jenis rambut Anda.
Jangan lupa baca: Tips Merawat Rambut Pria
Demikian 5 tips agar rambut tidak cepat beruban berdasarkan pengalaman emperis admin matra pendidikan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. 

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »