Tips dan Cara Belajar yang Baik

Tips dan cara belajar yang baik- Kewajiban siswa yang utama adalah belajar. Kalau dapat singkirkan kegiatan lain yang menghalangi siswa untuk belajar. Namun yang lebih penting adalah menguasai bagaimana cara belajar yang baik. Kemudian menerapkannya agar memperoleh hasil belajar yang optimal. Sederhanya, memperoleh nilai bagus.

Sebenarnya, cara belajar yang baik itu bersifat relatif. Setiap siswa akan mempunyai cara belajar tertentu sesuai dengan kebiasaan dan tipe belajarnya sendiri. Namun ada beberapa cara tertentu yang dapat berlaku umum untuk siswa.

Berikut adalah tips dan cara-cara belajar yang baik:

1.Disiplin

tips,cara,belajar

Disiplin adalah kunci utama dalam belajar. Disiplin dalam belajar artinya mematuhi aturan dan tata tertib belajar di rumah maupun di sekolah. Disiplin terhadap waktu belajar, kegiatan belajar dan tugas belajar yang diberikan guru.

2.Konsentrasi

Konsentrasi dalam belajar artinya memusatkan perhatian terhadap apa yang sedang dipelajari. Tidak mungkin seorang siswa belajar dengan baik jika konsentrasinya mudah terganggu. Oleh sebab itu hindari segala sesuatu yang dapat mengganggu konsentrasi untuk belajar.

3.Skedul belajar

Membuat skedul belajar adalah penting karena di sekolah mempunyai banyak mata pelajaran yang harus dikuasai. Skedul belajar berkaitan dengan pengaturan dan pembagian waktu untuk masing-masing mata pelajaran. Atur sedemikian waktu untuk mempelajari mata pelajaran. Tentu saja mata pelajaran yang dianggap rumit mempunyai prosedur yang banyak waktunya.

4.Rutin dan kontinyu

Belajar dilakukan terus menerus setiap hari. Jangan suka menumpuk pelajaran. Atau belajar hanya akan mau ujian. Ini akan membuat siswa jadi pusing. Oleh sebab itu belajar dilakukan secara rutin dan kontinyu meskipun hanya dalam waktu sebentar.

5.Kelengkapan catatan

Catatan pelajaran setipa mata pelajaran harus lengkap agar bisa belajar dari buku catatan itu. Salin materi pelajaran yang penting-penting saja dengan rapi. Ini menjadi modal bagi siswa untuk mengulang pelajaran di rumah. Buat catatan pelajaran menjadi rapid an indah sehingga betah untuk membuka dan membaca buku pelajaran tersebut.

6.Suasana tenang

Suasana belajar yang tenang dan nyaman akan membuat siswa konsentrasi untuk memahami pelajaran. Fikiran dan hati terasa semakin tentram sehingga mudah untuk menyerap materi pelajaran.

7.Rajin beribadah dan berdoa

Beribadah menunjukkan seorang siswa yang religius dan perlu bantuan Yang Maha Mengetahui. Selesai beribadah siswa akan berdoa supaya ilmu yang diberikan guru dapat diterima dan bermanfaat untuk siswa. 

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »