Langkah Praktis Menulis Artikel untuk Blog

Langkah praktis menulis artikel untuk blog – Jika sobat pengunjung ingin memulai berkecimpung di dunia blogging. Sekurang-kurangnya ada dua hal penting yang harus dilakukan sebagai langkah dasar. Membuat blog dan mengisinya dengan artikel postingan.

Membuat blog cukup mudah dipelajari dan dilakukan. Akan tetapi sebuah blog belum berarti apa-apa jika belum diisi dengan artikel. Blog hanya ibarat rumah kosong yang suatu saat akan dihuni oleh hantu. 

Sebaliknya, blog yang sudah berisi artikel akan dikunjungi dan dibaca artikelnya oleh pengunjung. Tentu saja artikel artikel yang bermanfaat sebagai panduan atau sekadar bahan informasi bagi pengunjung.

Yang menjadi masalah adalah bagaimana cara membuat artikel untuk postingan blog. Disini admin tidak hendak mengatakan bahwa menulis artikel untuk blog itu mudah. Sebab, menulis artikel itu gampang susah sehingga perlu terus belajar dan belajar. 

Faktanya, memang tidak semudah membalik telapak tangan untuk menghasilkan sebuah artikel yang siap diposting pada blog. Perlu waktu dan latihan yang terus menerus. Lalu bagaimana langkah praktisnya, ikuti rincian berikut ini:

langkah,menulis,artikel,blog

1.Tema yang akan dibahas

Menulis artikel berarti mengembangkan sebuah tema atau pokok persoalan menjadi beberapa kalimat dan paragraf. Oleh sebab itu pastikan dulu tentang apa yang ingin ditulis. Namun tema yang akan dikembangkan harus yang benar-benar dikuasai dan diminati agar tidak banyak menemui kendala dalam menguraikan pokok persoalan.

2.Kerangka artikel

Biasakan menulis dengan kerangka tulisan. Kerangka tulisan ini berisi butir-butir apa yang ingin diuraikan pada setiap paragraf. Namun butir-butir kerangka tidak perlu banyak. Jika terlalu banyak bisa mendatangkan kesulitan dalam mengembangkan butir-butir tersebut.

3.Draft artikel

Setelah menulis kerangka, mulailah mengembangkan pokok pikiran menjadi kalimat sehingga bias membentuk paragraf. Uraikan setiap butir-butir yang ada pada kerangka yang sudah ditulis.

4.Penulisan

Tulis ulang draft artikel menjadi yang lebih rapi. Penulisan bukan berarti mengedit draft artikel. Melainkan mengembangkan draft menjadi kalimat yang lebih banyak. Disini kita dapat memperkirakan berapa kata yang harus kita buat dalam sebuah artikel. Untuk postingan blog, usahakan minimal 250 kata saja.

5.Pengeditan

Segera lakukan pengeditan berulang-ulang. Sediakan waktu yang cukup untuk memeriksa semua tulisan. Periksa ejaan dan tanda baca serta kalimat yang ditulis. Apakah ada yang perlu dikurangi atau yang perlu ditambah. Sebagai catatan, langkah pengeditan merupakan langkah penting sebelum artikel diposting pada blog.

6.Posting

Setelah melakukan pengeditan dengan seksama, silahkan posting artikel pada blog sobat. Jangan terlalu ragu atau bimbang, khawatir tulisan atau artikel yang diposting tidak berkualitas atau kurang bermanfaat bagi pembaca. 

Pemikiran seperti ini akan menghambat kemajuan sobat dalam membuat artikel untuk postingan blog. Padahal, kualitas artikel itu bersifat relatif.

Lakukan langkah-langkah pertama sampai terakhir sampai sobat mahir dan tak perlu lagi mengiukuti prosedur di atas. Jika tak perlu lagi langkah di atas berarti sobat sudah mulai terbiasa dan mahir menulis artikel. 

Biasanya, keterampilan membuat artikel berkualitas seiring dengan ketekunan sobat menulis artikel untuk postingan blog. Sebagai penutup, silahkan juga dibaca tips menulis artikel postingan blog

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
21 Februari 2015 23.10 delete

pakai gaya bahasa kita sendiri pak biar sedikit menarik, hehe

Reply
avatar
22 Februari 2015 00.58 delete

Betul, mas...Gaya bahasa mungkin diperlukan biar menarik. Namun bagi yang baru memulai menulis artikel untuk blog, barangkali tak usah dipikirkan gaya bahasa dulu., mas...

Reply
avatar
22 Februari 2015 05.19 delete

masih terus belajar menulis ini Pak... jadi belum memperhatikan gaya bahasa.. :)

Reply
avatar
22 Februari 2015 07.14 delete

Sipp, mas...Gaya bahasa akan tumbuh dan berkembang secara alamiah. Dengan demikian belajar terus menulis artikel adalah langkah bagus, mas...

Reply
avatar
17 Mei 2015 03.54 delete

Artikelnya simple dan mudah dipahami, makasih pak, tulisannya. Mungkin aku harus belajar banyak di sini..

Reply
avatar
17 Mei 2015 04.06 delete

Mari kita sama-sama belajar disini, mas Yasreel...

Reply
avatar