Tips Merawat Baju Sekolah Agar Awet

Tips merawat baju sekolah agar awet – Baju merupakan salah satu bagian dari perlengkapan sekolah. Baju seragam harian anak sekolah pada umumnya berwarna putih. Namun pada hari tertentu, siswa juga mengenakan seragam khusus sesuai ketentuan berlaku di sekolah. Misalnya baju batik dan baju muslim.

Bagi siswa yang berasal dari keluarga mampu. Kebanyakan dari mereka kurang memperhatikan perawatan baju sekolah. Jika kotor sedikit saja mereka sudah bisa menggantinya dengan yang baru cepat. Dalam satu semester atau satu tahun pelajaran dapat mengganti baju sekolah sekian kali.

Berbeda dengan kebanyakan siswa yang orang tuanya kurang mampu. Mereka harus bisa membuat baju sekolah itu tahan lama. Mungkin sulit mengganti baju sekolah dalam satu semester atau satu tahun. Perawatan baju dengan baik berarti telah mengurangi biaya untuk beli baju sekolah dan bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya.

tips,merawat,pakaian,seragam
Terlepas dari mampu atau tidak orang tua siswa, perawatan seragam sekolah seperti baju sekolah perlu diperhatikan oleh setiap siswa. Berikut ini merupakan tips ringan merawat baju sekolah supaya tahan lama:

1.Menggantung baju

Baju sekolah yang sudah dikenakan digantung pada cantolan (gantungan) baju. Tempatkan pada yang terkena angin. Tujuannya agar baju tidak semrawut. Selain itu juga mencegah kelembababan yang memungkinkan timbulnya bintik-bintik hitam pada baju terutama pada ketiak dan punggung.

2.Mencuci baju

Jika baju mulai kotor segeralah cuci dengan sedikit sabun cuci. Kemudian bilas dengan air yang cukup sehingga rasa dan bau sabun hilang. Bila tidak menggunakan mesin cuci, gunakanlah bros kain yang lembut.

3.Menjemur baju.
Jemurlah baju di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung. Atau lebih tepatnya, gantung baju yang sudah dicuci di tempat teduh namun cukup angin. Baju usahakan dianginkan saja agar tidak cepat lapuk dan terlihat terlalu kusam.

4.Menyetrika baju

Jika mempunyai setrika kuningan, menggunakan bara dari tempurung kelapa, sebaiknya gunakan setrika ini. Baju akan harum secara alami. Jika menggunakan setrika listrik, gunakan pada suhu sedang. Menyetrika baju sekolah saat setrika bersuhu sangat tinggi akan mempercepat tipis dan lapuk baju sekolah.

5.Sikap duduk dan bersandar

Ketika bersandar pada sandaran kursi di sekolah maupun di tempat lain. Bagian belakang baju akan bersentuhan dengan sandaran kursi. Jika sering menggeser-geserkan punggung ke kursi akan menyebabkan terjadinya gaya gesekan yang membuat baju menjadi aus.

Selain itu perhatikan juga benda tajam lainnya yang akan merusak baju seperti paku dan benda tajam lainnya pada dinding atau kursi tempat duduk. Benda ini tanpa sengaja sering merusak baju sekolah siswa.

Semoga tips merawat baju agar tahan lama bermanfaat untuk pengunjung semua.

26 Responses to "Tips Merawat Baju Sekolah Agar Awet"

  1. terima kasih tipsnya bang uda..kalo saya untuk baju kerja hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, mbak. Mungkin bisa juga diterapkan untuk baju kerja ya mbak? Sekedar penghematan...hehehe.

      Hapus
  2. kalo saya sih, kalo udah selse di pake saya langsung cuci biar cucian gak menumpuk :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti bajunya banyak banget ya mas? Kalau dibiarkan numpuk, bisa pusing sendiri meliatnya ya mas...

      Hapus
    2. Haha, biasa saya suka males kalo nyuci baju yang banyak :D

      Hapus
  3. kalau memperlakukan baju dengan hati hati akan semakin awet ya bang, tapi sekarang jarang banget ngestrika pake bara, padahal wanginya alami ya bang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, betul juga mbak. Kerjanya susah banget kalau pake setrika bara...

      Hapus
  4. Saat menjemurnya memang kurang bagus kalo di tengah terik matahari ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warna putih bisa cepat memudar karena diterpa cahaya matahari langsung, mbak...

      Hapus
  5. Untuk kemeja sebaiknya juga ndak perlu di peras ya mas, biar gampang alus kalo pas di setrika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Pur...Kalau pun diperas usahakan selembut mungkin...

      Hapus
  6. dulu saya masih ingat....kalau saya dikasih baju sekolah sama abang saya....walau kebesaran tapi baju itu mengantarkan saya menikmati hidup yang lumayan....sampai sekarang baju itu saya gantung dalam lemari tersendiri untuk mengenang abang saya dan perjuangan dengan baju itu....sedih kang sekolah aja dulu baju boleh dapat dari abang.....ok makasih tipsnya da

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luar biasa, mbah ini. Perawatan baju yang cukup telaten karena berharganya baju pemberian abang sehingga sampai sekarang masih disimpan sebagai kenangan...

      Hapus
  7. terkadang saat bersandar itu yang tanpa disadari membuat baju cepat kotor ya pak, harus benar-benar di jaga, apalagi jika warna bajunya putih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, pak Ibrahim. Anak sekolah kadang-kadang kalau mau duduk atau bergerak seenaknya saja sehinga tak disangka bajunya kotor atau nyangkut di benda kecil yang tajam...

      Hapus
  8. Tipsnya oke juga ni Pak, kalau saya dulu di gantung/di anginkan kalau memang diperlukan langsung di cuci aja biar besok udah bersih lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pertanda mas Daniel termasuk yang telaten dalam memelihara baju sehingga tahan lama...terima kasih juga, mas...

      Hapus
  9. Jadi teringat masa sekolah dulu pak, sering kali baju saya kurang begitu terawat, mungkin tips diatas juga bisa diterapkan dalam merawat baju seragam guru ya pak, hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sepertinya bisa diterapkan untuk merawat seragam guru, mas Purnama. Misalnya menjaga agar tidak nyangkut pada benda kecil sehingga benangnya jadi keluar mas...

      Hapus
  10. lima poin di atas harus diterapkan nich biar baju kita awet dan rapi selalu, makasih infonya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak Lina...Jika awet dan rapi bisa menghemat anggaran untuk pakaian mbak...hehehe.

      Hapus
  11. Tipsnya sangat berguna pak, bukan cuma untuk baju sekolah tapi untuk semua baju yang kita pakai biar semua awet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, bisa juga ya mbak Erna? Terima kasih kunjungannya...

      Hapus
  12. Dulu kalau masih sekolah biasanya saya sering menggnatung pakaian sekolah Da, jarang dilipat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dilipat jadi nggak rapi ya mas Indra?

      Hapus
  13. Informasi yang sangat bermanfaat, semoga sukses selalu salam hangat dari kami :)

    BalasHapus