Tips Agar Siswa Terhindar dari Sakit Gigi

Tips agar siswa terhindar dari sakit gigi – Sakit gigi adalah salah satu penyakit yang sangat mengganggu aktivitas rutin. Jika gigi terasa sakit dan berberdenyut, maka semuanya akan terasa sakit. 

Bagi siswa, keadaan ini akan mengganggu proses dan konsentrasi  belajar dan pastinya akan ketinggalan pelajaran.

Mengapa gigi menjadi sakit? Banyak sekali penyebabnya, baik dari kebiasaan hidup maupun karena kelalaian sendiri. Gigi adalah alat untuk mengunyah makanan. Bersama makanan atau minuman, segala kuman dan bakteri penyakit bisa bersarang di mulut. 

Hal ini rentan terhadap timbulnya berbagai jenis penyakit di rongga mulut.

Agar siswa terhindar dari penyakit gigi, sebaiknya hindari kebiasaan-kebiasan yang buruk dan laksanakan kebiasaan yang baik terhadap gigi. Berikut tips menghindari dari sakit gigi:

hindari,sakit gigi,anak

1.Makanan dan minuman

Hindari memakan makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Begitu pula dengan minuman. Selain dapat merusak email gigi, ini juga dapat merusak gusi. Makanan dan minuman terlalu manis dapat juga merangsang timbulnya sakit gigi.

2.Menggigit benda sembarangan

Hindari menggigit sesutu dengan gigi. Misalnya, kebiasaan siswa tanpa sengaja menggigit ujung pena ketika belajar. Begitu juga kebiasaan membuka sesuatu dengan menggunakan gigi.

3.Mencongkel gigi

Kebiasaan mencongkel gigi pada siswa akan beresiko timbulnya gigi berlubang dan suatu saat akan terjadi peradangan pada saraf-saraf gigi. Jika terasa ada sisa makanan yang menempel pada gigi setelah makan. Sebaiknya berkumur-kumur atau menggosok gigi saja.

4.Menyikat gigi

Selain menghindari kebiasaan yang merusak gigi, yang lebih penting adalah membersihkan gigi. Usahakan menyikat gigi secara rutin, minimal 2 kali sehari, setelah bangun tidur dan sebelum tidur.

Jika siswa mengalami sakit gigi, sebelum melakukan pengobatan ada baiknya menggunakan getah daun pepaya sebagai pertolongan pertama. Ini biasanya dapat meredakan rasa sakit pada gigi dalam waktu cepat.

Demikianlah uraian mengenai tips menghindari siswa dari sakit gigi  dan mudah-mudahan bermanfaat, terutama sekali bagi siswa.

Share this :

0 Response to "Tips Agar Siswa Terhindar dari Sakit Gigi"

Poskan Komentar