Try Out Ujian Nasional dan Manfaatnya

Try out ujian nasional dan manfaatnya – Uji coba ujian nasional (UN) tingkat SMP di Kabupaten Tanah Datar dilaksanakan mulai hari ini. Uji coba ini diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan siswa menghadapi UN pada tanggal 4 sd 7 Mei 2015 mendatang. Uji coba atau yang lebih popular disebut try out (TO) diselenggarakan selama 4 hari untuk mata pelajaran yang di-UN-kan yaitu; bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika dan IPA.

Secara sederhana, try out adalah bentuk ujian sebagai uji coba yang diberikan pada siswa. Soal try out disusun oleh pihak dinas pendidikan berdasarkan skl dan kisi-kisi ujian nasional. Namun demikian, soal-soal ujian TO tidak dapat dipastikan apakah sama atau tidak dengan soal-soal ujian nasional yang akan dihadapi siswa.

manfaat,try-out,UN

Try out ujian nasional yang diberikan kepada siswa sangat penting artinya bagi semua pihak yang terkait dengan ujian nasional. Bermanfaat untuk siswa sendiri, guru mata pelajaran, pimpinan sekolah maupun orang tua siswa. Tujuannya untuk mempersipakan UN dengan baik agar diperoleh hasil yang optimal.

Bagi siswa, TO UN bermanfaat untuk mengasah keterampilan dalam mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan materi pelajaran yang diujikan. Esensi soal-soal try out dibuat berdasarkan SKL dan kisi-kisi UN sehingga siswa dapat berlatih mengerjakan soal-soal ujian.

Jika hasil TO yang diperoleh siswa tidak memuaskan maka ini akan menjadi pendorong bagi siswa untuk mengerjakan kembali soal-soal TO. Siswa lebih banyak mengerjakan soal-soal ketimbang membaca dan mempelajari materi pelajaran. Dengan demikian siswa semakin siap untuk menghadapi ujian nasional yang akan datang.

Manfaat try out bagi guru, hasil yang diperoleh siswa menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran berikutnya. Bagian mana saja materi pelajaran yang perlu dikaji ulang dan diberikan latihan yang lebih banyak.

Selain itu juga dapat digunakan untuk mengambil tindakan dalam mengadakan program belajar tambahan bagi siswa. Hasil try out menjadi pertimbangan untuk memfokuskan kegiatan belajar siswa.

Bagi pimpinan sekolah, try out bermanfaat untuk mengetahui peta kemampuan siswa secara keseluruhan di sekolah. Kemudian dibandingkan dengan sekolah tetangga di tingkat kecamatan maupun di tingkat kabupaten.

Sementara itu, try out juga bermanfaat untuk dijadikan pertimbangan dalam membantu anak belajar di rumah. Jika hasil yang diperoleh anak belum memuaskan maka orang tua dapat mengambil tindakan atau strategi membimbing anak belajar di rumah.

Mudah-mudahan dengan sistem pengawasan yang memadai, hasil try out yang diraih siswa benar-benar akurat. Sehingga akan memudahkan semua pihak untuk mengambil sikap dan langkah selanjutnya dalam mempersiapkan ujian nasional.

Share this :

4 Responses to "Try Out Ujian Nasional dan Manfaatnya"

  1. sudah mulai try out ya pak disana, persiapan tyr out ini memang harus di lakukan sejak dini mengingat waktu ujian tinggal sebentar lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hari ini dimulainya, mas Purnama...Hal ini juga disertai dengan hujan sejak tadi pagi sehingga banyak siswa yang telat, mas...

      Hapus
  2. Try Out ternyata sangat banyak manfaatnya tidak saja untuk Siswa itu sendiri, teapi GURU yang bersangkutan hingga kepada di pucuk Pimpinannya semua mendapatkan manfaatnya. Bagi saya TO juga berarti kesempatan untuk BERLATIH mengerjakan SOAL SOAL, melatih siswa berpikir terhadap segala bentuk kemungkinan soal soal UN yang akan keluar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, betul banget mas Asep...Kita tidak bisa menebak soal UN namun bisa melatih siswa berpikir untuk menghadapi kemungkinan soal UN yang keluar...

      Hapus