Tugas Guru: Mencerdaskan Anak Bangsa

Tugas Guru: Mencerdaskan Anak Bangsa

Tugas guru: mencerdaskan anak bangsa - Dalam dunia pendidikan, kita mengenal 3 tugas utama seorang guru; mengajar, mendidik dan melatih. Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut seorang guru harus memiliki 4 kompetensi dasar. Kompetensi dasar ini lebih dikenal dengan istilah kompetensi dasar guru profesional.

Mengajar berarti mentransfer sejumlah ilmu pengetahuan ke dalam batok kepala anak. Berbagai strategi dan metode pembelajaran digunakan oleh guru dalam mengisi matra (ranah) kognitif peserta didik. Penentuan kelulusan siswa melalui ujian nasional hanyalah standardisasi mutu pendidikan dalam ranah kognitif belaka.

Tugas membentuk kepribadian dan sikap mental menjadi tugas guru sebagai pendidik. Mengoptimalkan potensi sikap dan budi pekerti yang mulia pada anak yang telah dibentuk di lingkungan keluarga anak. Suri tauladan dan contoh yang baik menjadi dasar bagi guru dalam membentuk pribadi dan sikap mental positif.


Tugas guru sebagai pelatih adalah memberikan keterampilan dasar kepada siswa. Dalam rangka membekali siswa dengan modal kecakapan untuk hidup (life skill). Dengan tugas ini, guru di sekolah diharapkan dapat mengembangkan keterampilan motorik siswa. Sehingga mereka tidak hanya menjadi teknokrat belaka dalam hidup bermasyarakat.

Ketiga tugas guru di atas, ditujukan agar anak bangsa menjadi orang yang cerdas. Cerdas di dihati, cerdas di otak, cerdas sikap dan tingkah laku, serta terampil. Kecerdasan itu tercermin dari kemampuan anak berpikir nalar dan menggunakan logika dalam kehidupan sehari-hari. Arif dan bijaksana. Berakhlak dan berbudi mulia. Inilah wujud hasil dari sebuah proses pendidikan yang diharapkan.

Tugas guru mencerdaskan anak bangsa. Identik dengan kerja pandai batu akik. Batu akik agan bagus dan mempesona setelah melalui proses gerinda yang dilakukan sangat hati-hati dan penuh kesabaran. Semakin profesional pandai batu akik semakin bagus hasil yang diperoleh. Mampukah guru meniru pola pandai batu akik dalam mencerdaskan bangsa? Jawabannya dikembalikan kepada semua guru.

Posting Komentar