Ujian Nasional Tingkat SMP dan Sederajat

Ujian Nasional Tingkat SMP dan Sederajat

Ujian nasional tingkat SMP dan sederajat – Berdasarkan jadwal ujian yang dikeluarkan oleh kemendikbud. Ujian nasional (UN) tingkat SMP/Sederajat akan dimulai tanggal 4 s.d 7 Mei 2015. Mata pelajaran yang diujikan adalah bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika dan IPA.

Empat mata pelajaran ini akan menentukan keberhasilan siswa untuk menyelesaikan pendidikan yang telah ditempuhnya selama 3 tahun. Jika kesandung salah satu mata pelajaran saja, maka buyarlah impian siswa untuk menyelesaikan pendidikan di SMP/sederajat.

ujian nasional,smp/mts

Kegamangan akan UN tingkat SMP/Sederajat tahun 2015 ini tetap ada. Namun para siswa peserta UN tingkat SMP/Sederajat tak perlu panik dan kusuk kasak tak menentu. Jika Siswa telah mempersiapkannya dengan baik, tidak ada gangguan yang berarti, insyaalah siswa akan sukses.

Jika ada isu beredarnya kunci jawaban soal UN seperti tahun-tahun sebelumnya, diharapkan siswa tidak terpengaruh. Justru siswa diharapkan lebih fokus untuk terus belajar, mempersiapkan UN dengan sebaik-baiknya. Selain itu perlu memahami bagaimana cara menghadapi UN sebagai persiapan strategi bagi siswa. Jangan habiskan waktu dan fikiran untuk memiliki kunji jawaban soal yang beredar.

Mengikuti rangkaian ujian sebelum UN dengan baik sangat penting bagi siswa. Sekolah mungkin saja mengadakan try out ujian nasional, yang mengasah keterampilan siswa menyelesaikan segala bentuk soal. Selain itu melatih pikiran siswa menghadapi berbagai kemungkinan soal-soal UN.

Kemudian ujian praktik UN utuk beberapa mata pelajaran tertentu perlu pula diikuti dengan baik. Yang tak kalah pentingnya adalah ujian sekolah yang meliputi beberapa mata pelajaran. Ujian ini termasuk unsur perhitungan nilai sekolah.

Nilai menunggu sudah ada berupa akumulasi nilai sekolah (NS) sebesar 50 %. Mungkin siswa sudah memiliki nilai sekolah untuk setiap mata pelajaran. Pihak sekolah pun sudah memperhitungkan semua itu dengan sebaik-baiknya. Bahkan perhitungan itu sudah dimulai sejak siswa menerima rapor semester 1 di kelas VII.

Untuk tingkat SMP/Sederajat, nilai raport semester 1 sampai 5 adalah unsur penentu nilai sekolah. Yang mungkin diperhitungkan lagi sedemikian rupa adalah nilai semester 5, nilai ujian praktik dan nilai ujian sekolah. Akan tetapi semua itu, belum berarti banyak jika siswa gagal dalam UN.

Demikian review UN tingkat SMP/Sederajat. Semoga menjadi inspirasi bagi siswa yang mengikuti UN khususnya dan pengunjung pada umumnya.

Posting Komentar