3 Tips Penting Pilih Sekolah untuk Anak

3 Tips penting pilih sekolah untuk anak – Pendidikan merupakan wahana untuk mewujudkan masa depan anak yang lebih baik. Melalui pendidikan juga akan ditentukan bagaimana generasi muda untuk sekian tahun yang akan datang. Namun demikian, kualitas pendidikan yang dilalui anak lebih menentukan warna dan corak generasi muda yang akan datang.

Setiap lembaga sekolah pasti akan menawarkan produk layanan yang eksklusif kepada orang tua. Berbagai media digunakan untuk mempromosikan sekolah dengan tujuan untuk memperoleh peserta didik baru sesuai target mereka. Embel-embelnya adalah pendidikan yang berkualitas untuk masa depan anak.

tips,memilih,sekolah

Orang tua maupun anak bisa kebingungan memilih salah satu sekolah tempat belajar anak. Habis, semuanya baik dan berkualitas. Lalu bagaimana cara memilih sekolah yang baik untuk anak? 

Memilih sekolah perlu mempertimbangkan banyak hal. Salah satunya tepat bagi anak maupun orang tua. Ketepatan memilih sekolah untuk anak akan mendorong tercapainya prestasi belajar yang memuaskan. Anak merasa suka dan nyaman untuk belajar sehingga berpeluang memperoleh hasil belajar yang diinginkan.

1.Kemauan dan kemampuan anak

Mempertimbangkan kemauan dan kemampuan anak sangatlah penting dilakukan oleh orang tua. Orang tua perlu mengetahui kemauan anak yang sesungguhnya sehingga tidak terkesan memaksakan kemauan orang tua untuk memilih sekolah. Begitu pula apakah anak mampu untuk bersekolah di tempat yang dipilihkan atau tidak. Memilihkan sekolah anak berdasar kehendak orang tua beresiko tidak baik kepada anak.

2.Kondisi ekonomi

Seorang anak mungkin saja mempunyai kemauan dan kemampuan untuk memilih sekolah tertentu namun perlu disesuaikan dengan keadaan ekonomi. Sekolah kategori mahal justru akan membuat orang tua kewalahan untuk membiayai anak. Yang perlu dipertimbangkan orang tua adalah biaya pendidikan yang menyangkut seragam sekolah, buku pelajaran, akomodasi, transportasi atau biaya tempat kost anak jika jauh dari rumah.

3.Pelayanan pendidikan di sekolah

Poin ketiga ini sesungguhnya amat penting untuk dipertimbangkan oleh orang tua. Bimbing anak untuk memilih sekolah yang mengutamakan pengembangan sikap dan karakter baik untuk kepentingan masa depan anak. Sekolah yang mengedepankan aspek pendidikan moral, budi perti luhur, di samping aspek intelektual dan psikomotorik anak.

Indikasi sekolah dengan layanan pendidikan karakter, sikap dan budi perkerti luhur akan terlihat dari bagaimana proses belajar anak, penerapan disiplin sekolah dan disiplin belajar, tradisi dan kebiasaan baik yang dilakukan setiap hari di sekolah.

Share this :

15 Responses to "3 Tips Penting Pilih Sekolah untuk Anak"

  1. kadang ini jarang diperhatikan oleh orang tua. maunya anak sekolah di sekolah berkelas yang bayarannya mahal, tapi bayarnya akhirnya kesusahan dan bisa mnenyusahkan hidup keluarganya. kan kalau begini jadi menyusahkan diri sendiri. saya setuju dengan cari sekolah menyesuaikan dengan keadaan ekonomi dan cek juga proses belajar mengajar dari prestasi sekolah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbah. Mengecek proses pembelajaran dan prestasi sekolah juga amat penting. Bagaimana disiplin belajar warga sekolah. Apa kegiatan ekstrakurikuler yang dijalankan untuk meningkatkan kecakapan hidup siswa.

      Hapus
  2. memang ketika pemilihan sekolah baru, peran orang tua mendukung itu sangat baik,tapi harus sesuai dengan keinginan dan bakat anak ya pak, ketika orang tua menuruti kemauan sendiri bukan kemauan anak,justru anak akan tidak bisa maksimal untuk belajar karena di mulai dari proses paksaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas Purnama. Sering orang tua di tempat tinggal di sekitar kita yang menurutkan ambisi menyekolahkan anak bukan atas kemauan anak. Akibatnya memang seperti yang sudah kita gambarkan, mas....

      Hapus
  3. 3 hal di atas memang sangat penting untuk pertimbangan untuk menyekolahka anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Supaya hasil belajar yang diraih anak lebih baik ya mas...?

      Hapus
    2. seperti yang anda bilang :)

      Hapus
  4. Harus sesuai kemampuan anak itu tips paling penting menurut aku :)

    BalasHapus
  5. setiap orang tua tentunya ingin memberika yang terbaik untuk anak bukan berarti kita harus memilihkan anak sekolah yang melebihi kemampuan dan tidak sesuai kemauan anak. Ditakutkan anak akan jadi malas-malasan bersekolah karena tidak sesuai dengan kemampuan dengan kemauannya

    BalasHapus
  6. 3 hal ini yang mungkin sering luput dari pemikiran orang tua....

    BalasHapus
  7. kenapa ya pak sekarang minat orang tua menyekolahkan anaknya ke sekolah agama seperti pesantren semakin kurang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1 .jangan dilupakan juga kenyamanan anak. ada sekolah yang mahal tapi tidak ada lapangan yang memadai pdhl itu hal penting untuk anak2 .
      2. jarak dari rumah tidak terlalu jauh sehingga melelahkan anak dalam perjalanan.
      3. menyekolahkan di SD Negeri dekat rumah termasuk alternatif , belajar di swasta mahal bukan jaminan anak sukses . jgn sampai krn tutuntan ortu anak jadi stress .
      4. belajar paling baik ttg budi pekerti anak dimulai dari keluarga .

      Hapus
  8. memang tidak bisa dipaksakan ya kepada anak untuk memilih sekolah sesuai dengan keinginan orang tua?

    BalasHapus
  9. sip saya setuju sekali mas uda,3 hal tersebut harus diperhatikan terutama keuangan mas..

    BalasHapus
  10. Benar sekali memperhatikan kemauan dan kemapuan anak merupakan hal yang waajib kita ketahui sebelum memilih sekolah buat anak kita. Tapi jangan lupa kiga kita tetap harus membimbing dan memperi pengetahuan tentang sekolah lain yang menurut kita baik. :-)

    BalasHapus