Belajar Membuat Kolase

Belajar membuat kolase – Artikel ini dibuat setelah terinspirasi oleh tugas rumah anak saya. Tugas itu diberikan guru di sekolah pada mata pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK). Tugasnya adalah membikin kolase dari bahan limbah rumah tangga. Dalam hal ini digunakan ampas kelapa. Sebelumnya dapat dibaca maket rumah karya tangan hasil pendidikan

Sudah umum diketahui bahwa tidak semua limbah rumah tangga yang tidak berguna atau  berbahaya terhadap lingkungan. Contohnya, limbah organik dari ampas parutan kelapa yang dijadikan sebagai bahan memasak di dapur. Ampas ini bisa diolah menjadi sebuah kerajinan tangan yang bernilai seni.

Tentu saja, anak masih kelas 3 SD ini perlu bantuan untuk membuat sebuah kolase. Dalam pembuatan tugas kerajinan tangan kali ini dibantu oleh kakaknya. Lalu , apa alat/bahan dan bagaimana proses pembuatannya? Ikuti uraian berikut ini!

membuat,kolase

A.Alat-alat dan bahan yang diperlukan:

1.Gunting
2.Pensil
3.Mistar plastik.
4.Wadah adukan dari bekas botol plastik minuman.

Bahan yang digunakan:
1.Ampas kelapa
2.Pewarna
3.Lem kertas
4.Kardus bekas
5.Kertas HVS

B.Menyiapkan gambar sketsa:

1.Buat sketsa gambar yang diinginkan pada kertas hvs dengan menggunakan pensil. Pilihlah gambar yang mudah untuk digambar. Dalam dalam hal ini dipilih gambar burung hantu.
2.Ambil potongan sketsa gambar burung hantu.
3.Siapkan kanvas dari bekas kardus menjadi empat persegi panjang. Kemudian tempelkan potongan sketsa gambar burung hantu dengan lem kertas. Sekarang sketsa gambar sudah selesai dipasang pada kanvas.

C.Menyiapkan ampas kelapa yang akan ditempel:

1.Warnai ampas kelapa sesuai yang diinginkan. Pisahkan masing-masingnya pada wadah berbeda agar tidak bercampur satu sama lainnya. Kemudian lakukan pengeringan atau penjemuran pada cahaya matahari.

2.Setelah ampas kelapa kering, silahkan dilakukan penempelan pada pola yang sudah ada di kanvas. Lakukan dengan hati-hati dan tidak terburu-buru agar hasil penempelan merata.

3.Lakukan pekerjaan itu sampai semua permukaan kanvas selesai ditempeli ampas kelapa menjadi sebuah kolase yang bagus dan menarik.

Jika koalse sudah siap dikerjakan, boleh diberi sampul plastik dan diberi gantungan tali agar bisa digantung di dinding sekolah. Demikianlah hasil belajar membuat kolase sederhana sebagai tugas siswa pada mata pelajaran SBK di kelas 3 sekolah dasar.

Share this :

0 Response to "Belajar Membuat Kolase"

Poskan Komentar