Cabe Rawit, Pedas Tapi Bikin Gemas

Cabe rawit, pedas tapi bikin gemas – Sebagian masyarakat Indonesia, terutama di wilayah bagian barat. Belumlah terasa sudah makan jika tidak disertai dengan rasa pedas. Tentu saja hal ini hanya masalah selera saja.

Rasa pedas bersumber dari bumbu dapur cabai. Yang lazim digunakan sebagai bumbu dapur adalah cabe merah. Namun cabe rawit memiliki rasa pedas selangit. Tidak salah kalau ada pameo, kecil-kecil si cabe rawit. 

Meskipun buahnya kecil-kecil namun rasa pedasnya bukan main. Bisa membuat orang yang memakannya mengeluarkan air mata (bukan menangis).

Cabe rawit kecil dapat dijadikan bumbu dapur sebagai pengganti cabai merah. Apalagi harga cabai merah ini masih mahal di pasaran. 

Oleh sebab itu banyak yang beralih ke cabe rawit karena harganya memang lebih rendah.  Cabe rawit dapat pula dicampur dengan cabai merah.

buah,cabe-rawit

Cabe rawit umumnya berumur panjang. Dapat berbuah pada masa yang cukup lama. Banyaknya buah tergantung pada banyaknya dahan dan ranting. Semakin banyak dahan dan  ranting semakin banyak pula buah yang dihasilkan. 

Begitu pula perawatan dan kesuburannya. Semakin dirawat dan subur akan semakin banyak buah dan bertahan lama. Inilah kelebihan cabe rawit kecil ini.

Tanaman perdu ini dapat ditanam atau dibudidayakan dalam pot atau pekarangan sempit sekalipun. Untuk kebutuhan bumbu dapur keluarga, menanam cabe rawit dalam kantong plastik mungkin lebih memudahkan. 

Namun jika memiliki pekarangan yang lowong ada baiknya ditanam bebas di pekarangan tersebut.

Perawatannya juga tidak terlalu rumit. Pupuk yang digunakan cukup pupuk organik seperti pupuk kandang dari ternak ayam kampung. Jika musim hujan, tanaman ini akan tumbuh subur. Berbunga dan akan berbuah lebat. Panennya juga akan memuaskan.

Hal ini sekaligus menjadi wahana pendidikan bagi anak di lingkungan keluarga. Anak dapat mempraktikkan ilmu biologi yang mereka terima di sekolah. Maka cara ini juga berarti  membawa laboratorium IPA ke rumah siswa.

Nah, beberapa waktu lalu, keluarga admin memanen satu batang cabe rawit. Memang hanya lima batang yang ada di pekarangan. Namun memanen satu batang cabe rawit cukup menggemaskan. 

Hasil yang diperoleh lebih kurang 1 kilogram. Wah, lumayan untuk memenuhi kebutuhan bumbu dapur keluarga, bukan? Kalau begitu, mari kita berdayakan lingkungan dan pekarangan dengan tanaman yang bermanfaat bagi kebutuhan keluarga.

Share this :

0 Response to "Cabe Rawit, Pedas Tapi Bikin Gemas"

Poskan Komentar