Cara Membuat TTS Media Pembelajaran

Cara membuat tts media pembelajaran – Prinsip membuat teka-teki silang (TTS) mata pelajaran, sama dengan TTS pada umumnya. Membuat kotak-kotak huruf sedemikian rupa secara horizontal dan vertikal. Kemudian dilengkapi dengan pertanyaan atau soal mendatar dan menurun.

Hanya saja, TTS pelajaran memilih tema khusus materi pelajaran pada satu atau beberapa konsep/pokok/bahasan pelajaran tertentu. Memilih satu atau beberapa pokok bahasan pelajaran berakibat mempersempit pemilihan kosa kata. Berbeda dengan TTS umum, memberi keluwesan memilih apa saja kosa kata yang cocok dengan kotak yang dibuat. Selain itu TTS umum hanya sekadar menguji pengetahuan dan wawasan pengisi TTS.

cara,membuat,tts,pelajaran

Barangkali para guru juga sudah mahir dan piawai mengisi sebuah TTS. Namun diyakini belum semua guru yang mampu mendisain sebuah tts untuk keperluan media pembelajaran. Membuat sebuah TTS pelajaran jauh lebih sulit daripada mengisinya.

Lalu, bagaimana cara membuat TTS pelajaran? Nah, berikut ini disajikan langkah-langkah mendisain dan membuat TTS mata pelajaran:

1.Pilih pokok bahasan/konsep/tema pelajaran yang akan dibuat TTS-nya.
2.Buat menu daftar kata-kata penting, untuk 2,3,4 kata,dst…
3.Rancang draft kata secara mendatar dan menurun sesuai daftar kata yang sudah dibuat. Dapat dilakukan pada kertas maupun mikrosoft word pada komputer.
4.Kemudian rancang kotak-kotak TTS sesuai dengan draft kata mendatar dan menurun.
5.Setelah disain kotak dan kata TTS sudah selesai, susun pertanyaan TTS secara mendatar dan menurun.
6.Jika rancangan pertanyaan dan kotak TTS sudah siap, beri kotak mendatar dan menurun dengan nomor pertanyaan atau soal.
7.Siap diberikan pada siswa.

Demikian pembahasan cara sederhana membuat TTS pelajaran. Sebagai contoh bagaimana hasil desain TTS pelajaran, akan disajikan pada artikel pendidikan berikutnya. Terima kasih.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »