Jika Anak Bebek Diasuh Ayam

Jika anak bebek diasuh ayam - Hewan kelompok aves (unggas) umumnya berkembang biak dengan bertelur (ovipar). Untuk menghasilkan keturunan baru, hewan itu biasannya mengerami telur tersebut selama beberapa hari. 

Contoh hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur adalah ayam dan itik. Ayam termasuk hewan ternak yang cukup banyak dipelihara terutama di daerah pedesaan adalah ayam. Hewan piaraan ini mengerami telurnya selama 21 hari.

Akan tetapi ayam juga dapat mengerami telur bebek. Namun masa eram lebih lama dari telurnya sendiri. Telur itik menetas setelah dierami oleh ayam selama 28 hari. Setelah menetas, anak ayam maupun bebek akan dipelihara oleh induk ayam sampai sang anak mampu mandiri.

bebek,ayam,piaraan

Yang menarik perhatian adalah, seekor ayam yang memelihara anak bebek yang dierami sendiri. Bebek umumnya suka bermain di air. Oleh sebab itu bebek dianggap hewan piaraan daratan yang hidup di air.  Berbeda dengan ayam yang suka di tempat kering.

Ketika anak bebek bermain di kolam atau di sungai. Induk ayam terpaksa menunggui dan melindungi anak asuhannya di pinggiran. Sang induk hanya bisa mengawasi anaknya dengan berjaga-jaga di pinggiran kolam atau sungai.  

Kasihan dengan induk ayam. Bebek kalau sudah berada di air akan lupa dengan induknya. Sebaliknya, induknya tidak pernah lupa dengan anaknya. Sayang sekali, ayam tidak pandai berenang.

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar, di dunia nyata maupun alam maya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »