Mengapa Siswa Perlu Pakai Helm?

Mengapa siswa perlu pakai helm? – Helm merupakan alat pelindung kepala bagi pengemudi roda dua. Dengan menggunakan helm standar akan mengurangi resiko yang lebih parah jika terjadi kecelakaan. 

Namun demikian, bukan berarti kalau sudah mengenakan helm seorang pengemudi akan dijamin aman jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan tersebut.

Penggunaan helm bagi pengendara sepeda motor tidak terkecuali bagi siapapun, kapan dan dimana pun. Adanya peraturan wajib helm sehubungan dengan semakin banyaknya pengguna sepeda motor di jalan raya. 

Ini memperbesar peluang untuk terjadinya kecelakaan lalu lintas. Tidak hanya di jalan perkotaan namun juga di daerah pelosok pedesaan sekali pun. Tidak hanya siang hari, malam hari pun perlu mengenakan helm.

siswa,pakai,helm

Lalu, mengapa siswa yang bersepeda motor juga perlu pakai helm ke sekolah? Inilah 4 alasannya:

1.Melindungi kepala jika terjadi kecelakaan

Kepala menjadi salah satu bagian vital yang harus dilindungi oleh siapapun. Kecelakaan lalu lintas yang paling parah umumnya karena terjadi sesuatu benturan pada bagian kepala. Oleh sebab itu siswa yang mengendarai sepeda motor perlu mengenakan helm pelindung.

2.Mencegah masuk angin

Menggunakan helm di pagi hari ketika berangkat sekolah ternyata dapat mencegah masuk angin sehingga siswa tetap dalam kondisi bugar ketika mengikuti pelajaran. Akibat masuk angin membuat siswa merasa jadi tidak enak badan bahkan mual-mual. Ini jelas akan mengganggu konsentrasi belajar siswa.

3.Melindungi kepala dari sengatan matahari

Fungsi perlindungan terhadap sengatan matahari langsung terjadi ketika pulang sekolah. Siswa pulang sekolah kira-kira pukul satu atau dua sore tatkala sinar matahari masih menyengat. Seolah-olah helm juga berfungsi sebagai payung otomatis bagi siswa.

4.Melindungi kepala dari terpaan hujan

Apalagi pada musim hujan, siswa bersepeda motor perlu mengenakan helm ke sekolah. Ini akan dapat melindungi kepala dari terpaan hujan yang dapat menyebabkan sakit kepala. 

Sakit kepala diterpa hujan karena pada saat awal terjadinya hujan akan mengandung zat asam yang berasal dari debu dan asap sehingga dapat menyebabkan sakit kepala.

Itulah uraian alasan mengapa siswa perlu mengenakan helm ke sekolah. Peraturan wajib helm bukan hanya semata untuk mentaati tertib lalu lintas. Lebih dari itu melindungi siswa dari hal-hal yang akan mengganggu proses belajar di sekolah. Semoga bermanfaat.

Share this :

20 Responses to "Mengapa Siswa Perlu Pakai Helm?"

  1. banyak orang yang masih menganggap helm fungsi cuma supaya tidak ditilang polisi

    BalasHapus
  2. Setuju..udah kalau sayang nyawa sebaiknya taati saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan saja bisa ditaati meskipun secara berangsur-angsur, mas Wahab...

      Hapus
  3. Awalnya saya pake helm biar gak ditilang, tapi kesini-kesini jadi nyadar sendiri kalau tanpa helm mata merah kena debu. rambut dan wajah kena polusi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti fungsi helm tidak hanya masalah peraturan berlalu lintas melainkan juga masalah perlindungan pada bagian kepala, mbak...

      Hapus
  4. yups bner mas uda, harus pakai helm. saya sendiri sudah punya helm kesayangan, jadi tiap pake motor pengennya pakai helm yang 1 itu..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini patut ditiru, mas Hendri...

      Hapus
    2. saya belinya sampai ngabisin uang saku buat helm itu,karna pengen banget helmnya.selain keren juga helm memang wajib buat pengendara bermotor.

      Hapus
  5. Betul sekali pak guru selain untuk keamanan, helm juga berfungsi untuk menolak bala di perjalanan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas...bala dalam hal ini mungkin segala sesuatu yang menimbulkan efek yang tidak baik selama perjalanan...

      Hapus
  6. Melindungi Mata dari debu juga bisa gan, sebab saat berada di belakang truck, apalagi truck pengangkut pasir, seringnya serpihat pasir berbentu debu terbang ke belakang, dengan menggunakan Helm, maka kaca helm bisa kita tutup sehingga mata kita pun juga terlindungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget mas Putra...Saya sering pergi ke kota harus melewati daerah yang banyak truk pengangkut pasir yang menghasilkan debu bukan main. Untung pake helm, kalau nggak bisa mengihirup debu selalu...

      Hapus
  7. Yang jelas helm banyak manfaatnya Uda, dengan memakai helm bisa juga diartikan sebagai wujud dari rasa syukur terhadap bagian penting tubuh kita yaitu kepala.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, mas Wahid...Kepala sebagai pusat pengaturan seluruh tubuh perlu dilindungi dan di jalan raya berkendaraan tentu saja mesti diusahakan pake helm...

      Hapus
    2. dalam kepala ada otak dan di situ merupakan bank data penyimpan segala pengetahuan dan kreatifitas. sudah barang tentui kita harus menjaganya dengan sungguh-sunggu melalui penggunaan helm.

      Hapus
  8. nomor satu itu poin yang amat penting sekali ya pak, bukan saja untuk siswa, tapi untuk kita semua :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, pak Ibrahim. Kayaknya bisa diberlakukan untuk semua pengendara sepeda motor...

      Hapus
  9. yang jelas bukan hanya siswa saja yang sangat penting untuk melindungi kepala dengan helm agar aman dari benturan dan mencegah masuk angin kalau udara dingin. saya pernah dikasih tau kalau angin yang masuk melalui kepala itu berbahaya, bisa menimbulkan penyakit pada kepada dan otak...termasuk syaraf yang akan melemah secara cepat sehingga menyebabkan pikun belum waktunya.

    BalasHapus
  10. tambahan fungsi helm satu lagi uda...
    untuk menghindari kejaran polisi,,, hehe

    BalasHapus