Mengapa Siswa Perlu Pakai Helm?

Mengapa Siswa Perlu Pakai Helm?

Mengapa siswa perlu pakai helm? – Helm merupakan alat pelindung kepala bagi pengemudi roda dua. Dengan menggunakan helm standar akan mengurangi resiko yang lebih parah jika terjadi kecelakaan. 

Namun demikian, bukan berarti kalau sudah mengenakan helm seorang pengemudi akan dijamin aman jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan tersebut.

Penggunaan helm bagi pengendara sepeda motor tidak terkecuali bagi siapapun, kapan dan dimana pun. Adanya peraturan wajib helm sehubungan dengan semakin banyaknya pengguna sepeda motor di jalan raya. 

Ini memperbesar peluang untuk terjadinya kecelakaan lalu lintas. Tidak hanya di jalan perkotaan namun juga di daerah pelosok pedesaan sekali pun. Tidak hanya siang hari, malam hari pun perlu mengenakan helm.

siswa,pakai,helm

Lalu, mengapa siswa yang bersepeda motor juga perlu pakai helm ke sekolah? Inilah 4 alasannya:

1.Melindungi kepala jika terjadi kecelakaan

Kepala menjadi salah satu bagian vital yang harus dilindungi oleh siapapun. Kecelakaan lalu lintas yang paling parah umumnya karena terjadi sesuatu benturan pada bagian kepala. Oleh sebab itu siswa yang mengendarai sepeda motor perlu mengenakan helm pelindung.

2.Mencegah masuk angin

Menggunakan helm di pagi hari ketika berangkat sekolah ternyata dapat mencegah masuk angin sehingga siswa tetap dalam kondisi bugar ketika mengikuti pelajaran. Akibat masuk angin membuat siswa merasa jadi tidak enak badan bahkan mual-mual. Ini jelas akan mengganggu konsentrasi belajar siswa.

3.Melindungi kepala dari sengatan matahari

Fungsi perlindungan terhadap sengatan matahari langsung terjadi ketika pulang sekolah. Siswa pulang sekolah kira-kira pukul satu atau dua sore tatkala sinar matahari masih menyengat. Seolah-olah helm juga berfungsi sebagai payung otomatis bagi siswa.

4.Melindungi kepala dari terpaan hujan

Apalagi pada musim hujan, siswa bersepeda motor perlu mengenakan helm ke sekolah. Ini akan dapat melindungi kepala dari terpaan hujan yang dapat menyebabkan sakit kepala. 

Sakit kepala diterpa hujan karena pada saat awal terjadinya hujan akan mengandung zat asam yang berasal dari debu dan asap sehingga dapat menyebabkan sakit kepala.

Itulah uraian alasan mengapa siswa perlu mengenakan helm ke sekolah. Peraturan wajib helm bukan hanya semata untuk mentaati tertib lalu lintas. Lebih dari itu melindungi siswa dari hal-hal yang akan mengganggu proses belajar di sekolah. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar