Mengapa Tas Sekolah Anak Cepat Rusak?

Mengapa tas sekolah anak cepat rusak? – Mungkin di antara kita ada yang mengeluh. Tas sekolah anak cepat mengalami kerusakan. Sering menggantinya dalam waktu yang tidak begitu lama. Hal ini akan menguras uang kebutuhan lain untuk membeli tas sekolah anak. Oleh sebab itu, merawat peralatan sekolah anak tidak bisa dianggap sepele.

Tas cepat rusak tidak semata karena kualitas tas tersebut berharga murah. Bisa juga karena cara anak menggunakan tas yang sembrono. Tidak memperhatikan keselamatan tas ketika berada di sekolah maupun di rumah. Anak betul-betul tidak menyadari cara merawat tas agar awet dan tahan lama.

Orang tua sudah pasti berkeinginan segala perlengkapan sekolah anak awet dan bertahan lama. Ini sudah jelas akan menghemat pengeluaran rumah tangga untuk sektor biaya pendidikan anak.

tas,sekolah,rusak

Untuk mengatasi semua itu, orang tua perlu mengetahui penyebab tas sekolah anak cepat rusak. Dengan mengetahui penyebabnya, orang tua bisa mengantisipasinya sejak awal. Berikut adalah hal-hal yang dapat menyebabkan tas sekolah anak cepat rusak:

1.Tas sekolah terlalu sering sarat muatan

Terlalu sering memberi muatan pada tas akan menyebabkan tali maupun bagian lainnya cepat rusak. Kadang-kadang hal ini memang tak dapat dihindari karena setiap hari perlatan sekolah harus selalu dibawa. Baca kembali: Tas Anakku Berat di Buku

2.Memasukkan benda lain ke dalam tas

Kadang-kadang anak memasukan benda atau peralatan lain ke dalam tas. Misalnya peralatan keterampilan seperti gunting, pisau, dan lain sebagainya. Begitu pula benda-benda lain yang tidak semestinya dimasukkan ke dalam ats buku.

3.Digantung saat berisi muatan

Anak sering menggantung tas pada gantungan tanpa mengeluarkan segala isinya ketika pulang sekolah. Hal ini juga akan merusak tali tas sehingga membuat tas cepat mengalami kerusakan.

4.Ceroboh membuka dan menutup tas

Kesalahan yang sering dilakukan anak adalah ketika membuka atau menutup tas. Anak terlalu sering dan ceroboh ketika membuaka dan menutup resleting tas. Kesalahan ini akan menyebabkan resleting cepat menjadi rusak.

Tentu saja masih banyak hal lain yang dapat menyebabkan tas sekolah anak menjadi cepat rusak. Namun demikian 4 hal di atas akan menjadi pembelajaran bagi kita semua.

Share this :

8 Responses to "Mengapa Tas Sekolah Anak Cepat Rusak?"

  1. bahahaha...nasibnya sama seperti tas sekolahku..ya begitulah anak2 emang nggak awet beda kalo udah kerja dan bisa merawt barang sendiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu foto tas anak saya, si bungsu,mbak Dwie...Anak laki-laki kayaknya susah merawat tasnya sendiri...semua pada dimasukkan ke dalam tas...hehehe.

      Hapus
  2. kalo saya dulu sih tas cepat banget rusak karna tiap hari buku yang dibawa memang banyak juga mas..
    tapi saya kaput aja biar tetap bisa dipake.emg agak malu pakai tas yg jelek tapi daripada ga bawa tas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prinsip bagus juga mas Hendri. Biar jelek ketimbang enggak ada...heheh.

      Hapus
    2. sama mas hendri saya dulu banyak bawaan bukunya

      Hapus
  3. Mungkin sering basah kena hujan jg ya udah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, bisa jadi begitu, mas Wahab...

      Hapus
  4. Oh jadi itu penyebabnya, kalau si anak tertib pake tasnya. Mudah2an tasnya juga awet

    BalasHapus