Pentingnya Fungsi Ujian Mid Semester

Pentingnya Fungsi Ujian Mid Semester

banner
Pentingnya fungsi ujian mid semester – Apakah di sekolah sobat pengunjung sudah mengadakan ujian mid semester atau ujian tengah semester ( UTS )?  Mudah-mudahan hasilnya bagus karena nilai mid semester mempunyai fungsi penting terhadap nilai rapor semester

Bagi yang belum, perlu mempersiapkan ujian tengah semester ini dengan baik agar memenuhi fungsinya tersebut.

Ya, hiruk pikuk ujian nasional selalu mewarnai semester kedua setiap tahun pelajaran. Ramainya pembicaraan UN telah membuat kegiatan evaluasi yang lain, seolah-olah menjadi redup. Fokus hampir setiap sekolah hampir tertuju pada persiapan penyelenggaraan ujian nasional.

pentingnya,mid-semester,tengah semester

Di saat siswa tingkat terakhir pada suatu jenjang satuan pendidikan mempersiapkan UN,  saat itu pulalah berlangsungnya ujian tengah semester ( mid semester) genap bagi siswa tingkat sebelumnya. Bagi satuan pendidikan SD/Sederajat, mid semester dilakukan oleh kelas 1 sd 5, kelas VII dan VIII jenjang SMP/Sederajat serta kelas X dan XII tingkat SMU/Sederajat.

Lalu, apa pentingnya fungsi ujian mid semester bagi siswa dan guru?

1.Memantau penguasaan siswa terhadap materi pelajaran

Ujian mid semester dilaksanakan kira-kira di pertengahan semester. Siswa telah mengikuti beberapa konsep, pokok bahasan pelajaran di semster itu. 

Bagi guru, ujian ini berfungsi untuk memantau penguasaan siswa terhadap konsep atau pokok bahasan yang sudah dipelajari siswa.

2.Motivasi belajar bagi siswa

Dengan adanya ujian tengah semester, siswa akan selalu belajar dan tidak menumpuk materi pelajaran untuk diulang di rumah.  Otomatis ujian ini akan mengikis kebiasaan siswa untuk merapel mengulang materi pelajaran.

3.Menentukan nilai rapor semester

Fungsi ujian mid semester tak kalah pentingnya dengan ujian-ujian lainnya. Karena ujian tengah semester ikut menentukan hasil akhir pada rapor semester atau rapor kenaikan kelas. 

Setiap sekolah telah memberikan patokan sekian porsen bobot nilai ujian mid semester. Jika porsentase bobot mid semester besar, maka siswa harus mendapatkan nilai yang lebih baik.

Advertisement banner
banner

Your Reactions:

Admin
Fusce justo lacus, sagittis vel enim vitae, euismod adipiscing ligula. Maecenas cursus gravida quam a auctor. Etiam vestibulum nulla id diam consectetur condimentum.