Strategi Agar Diterima di Sekolah Unggul

Strategi agar diterima di sekolah unggul – Di beberapa ibu kota provinasi, kabupaten/kota di Indonesia, sudah memiliki sekolah unggulan. Dikatakan sebagai sekolah unggul karena memiliki prinsip layanan unggul terhadap semua aspek proses pembelajaran di sekolah.Ini menjadi salah satu indikator kualitas pendidikan di sekolah.

Wajar jika banyak siswa berminat melanjutkan pendidikan ke sekolah layanan unggul tersebut. Bagi sebagian orang tua, mempunyai anak di sekolah unggul memiliki nilai tersendiri.

Jumlah siswa yang diterima di sekolah unggul terbatas setiap tahunnya. Oleh sebab itu persyaratan untuk diterima di sekolah unggul semakin ketat. Baik persyaratan administrasi maupun persyaratan akademis.

strategi,diterima,sekolah unggul

Sistem penerimaan siswa pada sekolah unggul melalui serangkaian proses yang cukup panjang. Dimulai proses seleksi administratif, kemudian kegiatan tes meliputi tes kemampuan akademis, wawancara, keterampilan dan tes psikologi.

Jika siswa berminat dan berencana masuk sekolah unggul, jauh-jauh hari perlu melakukan persiapan. Rencana untuk belajar di sekolah unggul harus disesuaikan dengan kemampuan siswa maupun orang tua siswa. Namun yang paling penting adalah kemampuan siswa. Soal biaya pendidikan akan diperhitungkan oleh orang tua siswa.

Berikut adalah tips sederhana agar diterima di sekolah unggul berikut ini:

1.Cari informasi tentang persyaratan mendaftar dan diterima di sekolah unggul yang akan dituju oleh siswa. Biasanya sekolah tersebut mengedarkan brosur tentang penerimaan siswa baru. Atau bisa juga ditanyakan langsung ke sekolah tersebut.

2.Perkirakan apakah siswa bisa mendaftar dan memenuhi persyaratan administif atau tidak. Ini adalah persyaratan utama dan menentukan untuk seleksi berikutnya. Apakah syarat akademis nilai rapor semester sudah memenuhi syarat pendaftaran atau belum. Misalnya, nilai rata-rata minimal setiap mata pelajaran sudah memenuhi syarat mendaftar.

3.Jika nilai rapor semster dirasa memenuhi persyaratan administrasi, selanjutnya bersiaplah untuk mengikuti rangkaian kegiatan tes masuk sekolah unggul tersebut. Baik tes akademis beberapa mata pelajaran, tes wawancara, maupun psiko-tes. Seandainya ujian nasional sudah selesai, siswa tetap belajar di rumah.

Jadi, untuk bisa diterima di sekolah unggul, siswa harus memiliki prestasi belajar bagus. Memenuhi persyaratan administratif untuk pendaftaran. Selain itu, siswa harus mempunyai kebiasaan belajar yang baik. Menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk selalu belajar meskipun telah selesai ujian nasional.

Share this :

0 Response to "Strategi Agar Diterima di Sekolah Unggul"

Poskan Komentar