Tips Memilih Sepatu yang Cocok untuk Mengajar

Tips memilih sepatu yang cocok untuk mengajar – Pekerjaan seorang pegawai kantoran agak berbeda dengan guru. 

Pada umumnya pegawai kantoran lebih banyak duduk saat bekerja ketimbang bergerak. Berbeda dengan guru, dalam tugasnya sehari-hari lebih banyak melakukan kegiatan bergerak.

Aktivitas gerak seorang guru pada umumnya terjadi ketika menerangkan pelajaran di depan kelas. Dari kursi tempat duduk ke arah papan tulis untuk menuliskan materi pelajaran. Atau berjalan mendekati siswa yang duduk di posisi bagian belakang. 

Bisa juga bergerak mengelilingi seisi ruangan. Melakukan pendekatan ketika melaksanakan aktivitas pembelajaran. Tentu saja aktivitas seperti ini tidak berlaku bagi guru yang sering atau banyak duduk ketika mengajar.

Dalam aktivitas mengajar, sepatu adalah bagian perlengkapan guru yang tak dapat dianggap remeh. Pemakaian sepatu akan menentukan bagaimana penampilan guru saat mengajar. 

Saat guru berjalan dalam aktivitas mengajar, sepatu sering menjadi perhatian sekian pasang mata siswa. Hal ini bukan mahal atau murah, bagus atau tidaknya sepatu guru. Perhatian siswa sering terpancing oleh bunyi yang ditimbulkan oleh sepatu guru ketika mengajar.

tips,pilih,sepatu,mengajar

Oleh sebab itu, guru perlu memilih sepatu yang tidak mengganggu aktivitas mengajar. Selain itu dapat meningkatkan penampilan dan rasa percaya diri dalam mengajar. Berikut adalah tips bagaimana memilih sepatu untuk mengajar:

1.Pilihlah sepatu yang tidak menghalangi gerak langkah ketika menerangkan pelajaran. Ini untuk menghindari terganggunya konsentrasi guru ketika mengajar. Selain itu bertujuan agar guru tampil prima di depan kelas.

2.Usahakan tidak mengenakan sepatu bertumit tinggi. Terutama untuk guru perempuan, selain menghindari hal yang tak diingini ketika mengajar juga  sepatu ini menimbulkan bunyi detak sesuai langkah guru. 

Sepatu yang mempunyai hak tinggi dan runcing akan menimbulkan bunyi ketukan ketika melangkah. Ini menjadi sesuatu yang unik dan menarik bagi siswa. Murid yang suka iseng ada yang sengaja  mengetuk meja sesuai detak langkah sepatu guru.

3.Pilihlah sepatu yang dapat menyerap keringat pada kaki agar tidak lembab. Sepatu yang dipilih untuk dipakai waktu mengajar hendaknya yang terbuat dari bahan kain atau kulit. 

Sebaliknya hindari sepatu dari bahan sintetis karena tidak menyerap keringat pada kaki. Sepatu yang lembab oleh keringat, apalagi sepatu guru laki-laki yang mengenakan kaos kaki akan menimbulkan bau yang dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa. 

Itulah 3 tips penting memilih sepatu yang cocok untuk mengajar. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita semua. 

Share this :

20 Responses to "Tips Memilih Sepatu yang Cocok untuk Mengajar"

  1. Gambar yang kedua mirip punya saya .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho? Koq bisa? Itu foto sepatu saya sendiri, mas...Barangkali kita punya selera sama dalam memilih sepatu...hehehe....

      Hapus
  2. kalo aku tanpa ada hak nya bang, soalnya nggak tau make..mending yg trepes aja jadinya bisa jalan cepat hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Praktis dan lebih nyaman kayaknya sepatu seperti yang mbak Dwie pake...Ini akan membuat gerakan menjadi luwes...

      Hapus
  3. saya senengnya malah sepatu olahraga hha kalau gitu cocoknya jadi guru olahraga aja saya ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barangkali mas denny cocok jadi guru olah raga...hehehe. Sepatu olah raga membuat gerakan kita paling luwes, mas...

      Hapus
    2. iya nyaman kalau di pakai lari-lari ngejar murid hha :D

      Hapus
    3. kalau sepatu olah raga yang jelas nyaman untuk jogging dan nyaman juga di bawa santai bepergian ke daerah yang menantang.

      Hapus
  4. wah kalau saya kebanyakan pake sepatu olahraga pak, hehehehe, kalau sepatu pantofel ini jarang sekali pake kecuali hari penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantab mas Purnama. Kalau saya justru sepatu olah raga sering diparkir aja di rumah...Sekali sekali ajak dong saya olah raga mas...hehehe.

      Hapus
    2. @purnama: hari penting bagi saya hari libur...penting untuk keluarga. hehehee

      Hapus
  5. kalo saya sih bukan guru mas uda, tapi penting juga nie biar ga bau kaos kaki :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mas. Kaso kaki sering baui karena kaki selalu berkeringat karena bahannya terbuat dari bahan sintetik...

      Hapus
  6. tuh gambar sama benar dengan sepatu saya....cuma beda merek aja kali ya da. kalau saya pakai buatan home industri dari bandung....lumayan murah dan gak kalah kuat dengan sepatu luar negeri. cinta produk indonesia...heeee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, mantab mbah. Itu sepatu saya juga buatan dalam negeri dan sudah berusia 3 tahun lebih mbah. Mungkin tak kalah kuat dengan buatan luar negeri...

      Hapus
  7. saya paling pusing pilih sepatu buat kondangan, kalau dapat baju baru sepatupun mesti serasi pula, kalau suami saya sepertinya saran diatas cocok bang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul juga, mbak. Untuk perempuan perlu diserasikan dengan baju yang dikenakan. tapi untuk guru dan pegawai lainnya mungkin tidak terlalu menyesuaikan dengan pakaian....

      Hapus
  8. terkadang banyak yang sibikin bingung saat memilih sepatu,ini tipsnya sangat membantu dan bermanfaat pak.Terimakasih tipsnya :)

    BalasHapus