Tips Memilih Sepatu yang Cocok untuk Mengajar

Tips Memilih Sepatu yang Cocok untuk Mengajar

Tips memilih sepatu yang cocok untuk mengajar – Pekerjaan seorang pegawai kantoran agak berbeda dengan guru. 

Pada umumnya pegawai kantoran lebih banyak duduk saat bekerja ketimbang bergerak. Berbeda dengan guru, dalam tugasnya sehari-hari lebih banyak melakukan kegiatan bergerak.


tips,pilih,sepatu,mengajar
Foto : Sepatu guru laki-laki (matrapendidikan.com)

Aktivitas gerak seorang guru pada umumnya terjadi ketika menerangkan pelajaran di depan kelas. Dari kursi tempat duduk ke arah papan tulis untuk menuliskan materi pelajaran. Atau berjalan mendekati siswa yang duduk di posisi bagian belakang. 

Bisa juga bergerak mengelilingi seisi ruangan. Melakukan pendekatan ketika melaksanakan aktivitas pembelajaran. Tentu saja aktivitas seperti ini tidak berlaku bagi guru yang sering atau banyak duduk ketika mengajar.

Dalam aktivitas mengajar, sepatu adalah bagian perlengkapan guru yang tak dapat dianggap remeh. Pemakaian sepatu akan menentukan bagaimana penampilan guru saat mengajar. 

Saat guru berjalan dalam aktivitas mengajar, sepatu sering menjadi perhatian sekian pasang mata siswa. Hal ini bukan mahal atau murah, bagus atau tidaknya sepatu guru. Perhatian siswa sering terpancing oleh bunyi yang ditimbulkan oleh sepatu guru ketika mengajar.

Oleh sebab itu, guru perlu memilih sepatu yang tidak mengganggu aktivitas mengajar. Selain itu dapat meningkatkan penampilan dan rasa percaya diri dalam mengajar. Berikut adalah tips bagaimana memilih sepatu untuk mengajar:

1.Pilihlah sepatu yang tidak menghalangi gerak langkah ketika menerangkan pelajaran. Ini untuk menghindari terganggunya konsentrasi guru ketika mengajar. Selain itu bertujuan agar guru tampil prima di depan kelas.

2.Usahakan tidak mengenakan sepatu bertumit tinggi. Terutama untuk guru perempuan, selain menghindari hal yang tak diingini ketika mengajar juga  sepatu ini menimbulkan bunyi detak sesuai langkah guru. 

Sepatu yang mempunyai hak tinggi dan runcing akan menimbulkan bunyi ketukan ketika melangkah. Ini menjadi sesuatu yang unik dan menarik bagi siswa. Murid yang suka iseng ada yang sengaja  mengetuk meja sesuai detak langkah sepatu guru.

3.Pilihlah sepatu yang dapat menyerap keringat pada kaki agar tidak lembab. Sepatu yang dipilih untuk dipakai waktu mengajar hendaknya yang terbuat dari bahan kain atau kulit. 

Sebaliknya hindari sepatu dari bahan sintetis karena tidak menyerap keringat pada kaki. Sepatu yang lembab oleh keringat, apalagi sepatu guru laki-laki yang mengenakan kaos kaki akan menimbulkan bau yang dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa. 

Itulah 3 tips penting memilih sepatu yang cocok untuk mengajar. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita semua. 

Posting Komentar