TTS Pelajaran Sebagai Media Pembelajaran

TTS pelajaran sebagai media pembelajaran – Media adalah semua sarana/bahan yang digunakan untuk menyampaikan informasi kepada audiens/pemirsa. Dalam pembelajaran di kelas, penggunaan media/alat peraga akan mempermudah siswa untuk menyerap informasi belajar. Salah satu media pada pembahasan kali ini adalah TTS pelajaran.

Apa itu TTS pelajaran?
TTS adalah tabel berupa kotak-kotak kosong mendatar dan menurun yang didisain sedemikian rupa. Satu TTS terdiri dari dua komponen. Pertanyaan dan kotak-kotak tempat menjawab pertanyaan. Selanjutnya, bagian pertanyaan terdiri dari dua kelompok, mendatar dan menurun. Kotak-kotak jawaban mendatar dan menurun yang tersedia merupakan lembaran jawaban dari semua pertanyaan dan soal yang tersedia.

tts,media,pembelajaran

TTS pelajaran bukanlah strategi ataupun metode pembelajaran. TTS termasuk media visual pembelajaran. Media yang dapat dilihat dan digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Akan tetapi media TTS pelajaran ini hanya dijadikan sebagai alternatif pilihan karena alasan tertentu.

Apa Manfaat TTS pelajaran?
Sangat menarik sekiranya guru sekali-sekali, mau memilih TTS sebagai alternatif media pembelajaran. Kenapa demikian? Ternyata, penggunaan TTS pelajaran sangat bermanfaat untuk siswa maupun guru. Manfaatnya antara lain; (a).melatih keterampilan berpikir dan bernalar siswa, (b).menjadi selingan atau variasi untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna, (c).menambah pengetahuan dan wawasan siswa tentang terminologi materi pelajaran tertentu, (d).mengasah kemampuan guru dalam menciptakan media pembelajaran.

Apa hambatan/kendala penggunaannya?
Tadi sudah disinggung, media TTS pelajaran digunakan hanya sebagai alternatif pilihan karena alasan tertentu. Misalnya, apakah guru mempunyai waktu dan kesempatan untuk membuat satu atau beberapa buah TTS yang siap diisi oleh siswa. Merancang dan membuat TTS pelajaran sesuai dengan konsep/pokok bahasan yang akan diajarkan membutuhkan waktu yang cukup.

Bagaimana pun, mengisi TTS (khususnya TTS pelajaran) mungkin lebih mudah ketimbang membuatnya. Menciptakan satu atau dua buah TTS pelajaran juga butuh keahlian dan keterampilan. Perlu diakui, penggunaan media TTS dalam pembelajaran tidak semudah dibayangkan.

Apa Solusi penggunaan TTS?
Media TTS pelajaran digunakan pada situasi dan kondisi tertentu saja. Misalnya, ketika guru mengetahui  motivasi belajar siswa menurun. Pembelajaran yang dijalankan cenderung monoton.  Hal ini bertujuan untuk menciptakan selingan dan variasi pembelajaran.

Selain itu, penggunaan media TTS lebih cocok pada saat berlangsungnya kegiatan ekstrakurikuler. Guru mata pelajaran dapat memilih momen ini dengan membuat kegiatan lomba mendisai TTS pelajaran atau lomba mengisi TTS pelajaran.
 

Saya hanyalah seorang guru non-profesional sekaligus blogger yang selalu berusaha belajar dan...belajar serta mengajar di dunia maya maupun alam nyata.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »