Antara Lulus UN dan Jalur SNMPTN

Antara lulus UN dan SNMPTN – Hasil Ujian Nasional (UN) SMU/K/MA Tahun 2015 telah diumumkan. Seminggu sebelumnya juga diumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Lalu, apa hubungannya antara lulus UN dengan lulus SNMPTN?

Kelulusan 100 % bagi siswa SMU/K/MA bukanlah kabar yang mencengangkan. Hal ini mengingat peraturan kelulusan UN diserahkan kepada sekolah. Semua siswa berpeluang lulus semua. Masalahnya adalah bagaimana kualitas nilai kelulusan siswa tersebut.

Perguruan tinggi negeri (PTN) tetap mengacu pada perolehan nilai UN. Siswa yang telah dinyatakan lulus masuk perguruan tinggi melalui jalur SNMPTN belum bisa tidur nyenyak. Masih ada langkah verifikasi pendaftaran yang harus dilakukan oleh calon mahasiswa. Verifikasi yang dilakukan oleh panitia boleh jadi membuat siswa tersandung untuk diterima melalui jalur ini.

lulus,un,snmptn

Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, peluang untuk diterima di PTN sangat terbatas. Sementara itu, siswa yang berminat mengikuti jalur undangan ini cukup banyak. Beruntung kalau siswa dinyatakan lulus melalui jalur SNMPTN ini.

Uniknya, siswa yang telah lulus melalui jalur SNMPTN masih ada yang berniat mengikuti jalur SBMPTN. Rupanya, mereka belum puas dengan jurusan dan perguruan tinggi dimana mereka dinyatakan lulus. Mungkin karena mereka dinyatakan lulus hanya pada program studi dan PTN alternatif, bukan pilihan pertama.

Jalur SNMPTN, memang jalur yang ditempuh tanpa melalui perjuangan test. Mereka bersaing dengan mengandalkan prestasi belajar selama lima semester. Selain itu juga harus bersaing dengan peluang dan kesempatan yang diberikan oleh program studi dan perguruan tinggi yang mereka pilih. Artinya, strategi memilih program studi dan PTN juga menentukan keberhasilan mereka diterima melalui jalur undangan.

Analisa tersebut dibuktikan dengan tidak semua siswa diterima pada pilihan pertama. Bahkan ada di antara mereka yang diterima pada pilihan kedua atau pilihan ketiga. Pilihan pertama adalah pilihan yang sangat diinginkan. Justru yang lulus hanya pilihan alternatif.

Persaingan untuk masuk perguruan tinggi semakin ketat. Alangkah baiknya siswa menerima kelulusan di SNMPTN dengan baik. Jangan hiraukan pilihan pertama, kedua atau ketiganya. Yang pasti, dengan lulus dijalur SNMPTN, siswa tidak lagi repot untuk mengikuti rangkaian ujian pada SBMPTN atau jalur mandiri.

Selamat buat siswa yang lulus UN dan diterima di PTN melalui jalur SNMPTN. Selanjutnya, kepada yang belum lulus SNMPTN masih ada jalur SBMPTN dan jalur Mandiri.

Share this :

0 Response to "Antara Lulus UN dan Jalur SNMPTN"

Poskan Komentar