Cara Agar Catatan Rapi dan Belajar Jadi Semangat

Pasti semua orang suka kepada hal-hal yang terlihat rapi. Hati menjadi senang dan ntaman melihatnya. Betul bukan? Begitu juga halnya dengan buku catatan pelajaran di sekolah. Siswa akan senang membuka dan membaca buku pelajaran meskipun tidak sedang menghadapi ujian. Lho? Kebanyakan siswa, mau belajar karena ada ujian. Kalau tidak lagi menghadapi ujian sudah mulai jarang membuka buku pelajaran.

Biasanya siswa sekolah dasar, bahkan siswa SMP, belum semuanya mempunyai buku catatan yang rapi. Masih ada yang belum terbiasa merawat buku catatan pelajaran dengan baik. Oleh sebab itu, perlu dibiasakan mempunyai buku catatan pelajaran yang rapi sejak awal. Bagaimana agar catatan rapi sehingga belajar jadi bersemangat? Coba ikuti uraian berikut ini!

cara,catatan rapi,semangat belajar

1.Tampilan kulit luar

Kulit luar sebuah buku, termasuk buku catatan pelajaran, sangat mempengaruhi minat siswa untuk membuka dan membacanya. Mata manusia itu cenderung melihat hal-hal yang bagus. Dengan tampilan kulit luar bagus akan mendorong minat untuk membuka atau membacanya.

Buku catatan pelajaran umumnya dibuat dengan kulit luar sebagus dan semenarik mungkin. Didisain dengan gambar yang lagi ngetrend dan digemari anak sekolah. Nah, buku seperti ini perlu diberi dengan sampul plastik transparan agar terlihat lebih rapi dan tetap terjaga kebersihannya.

2.Isi buku catatan

Tidak mungkin semua siswa mempunyai tulisan bagus dan rapi. Apalagi kalau mencatat pelajaran yang diterangkan guru langsung di buku catatan. Kalau memang sulit secara langsung mencatat pelajaran, ada baiknya semua itu dilakukan pada buku gado-gado. Jadi, siswa harus menyediakan sebuah buku cadangan untuk mencatat materi semua pelajaran di sekolah. Kemudian di rumah dicatat ulang kembali ke buku pelajaran masing-masing. Cara ini akan membuat buku catatan menjadi rapi. Selain itu, cara mencatat ulang ini sekaligus berfungsi mengulang pelajaran di rumah.

3.Perawatan

Sekali-sekali buku catatan pelajaran jangan dilipat. Selalu dimasukkan ke dalam tas jika membawanya ke sekolah. Jika menyimpannya di rumah, simpan pada rak buku dengan posisi tegak bersama buku lainnya pada rak buku yang ada.

Itulah uraian cara agar catatan pelajaran menjadi rapi dan belajar jadi bersemangat.

Share this :

0 Response to "Cara Agar Catatan Rapi dan Belajar Jadi Semangat"

Poskan Komentar