Identifikasi Permasalahan dalam PTK

Identifikasi permasalahan dalam ptk (1) – Proses belajar dan mengajar (PBM) di ruang kelas sering dihadapkan pada permasalahan dan kendala tertentu. Masalah maupun kendala tersebut tidak mungkin dibiarkan begitu saja karena akan berpengaruh pada proses maupun hasil belajar siswa. Oleh sebab itu setiap guru perlu mengupayakan alternatif untuk mereduksi masalah tersebut.

Setiap masalah yang dirasakan guru dalam pembelajaran tidak selalu bermakna negatif. Justru sebaliknya, akan memberi kesempatan dan peluang kepada guru untuk menerapkan perannya sebagai peneliti dalam pembelajaran. Peran ini seperti sudah diketahui, akan bermanfaat bagi guru untuk kegiatan pengembangan profesi. Sekaligus menjadi bahan dan bukti fisik untuk pengajuan kenaikan pangkat guru ke tingkat berikutnya.

Kegiatan penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan kegiatan kompleks dan berkesinambungan. Membentuk alur sirkulasi yang diawali dengan kegiatan perencanaan. Alur perencanaan PTK ditandai dengan adanya pengenalan (identifikasi) terhadap masalah yang dialami dalam pemeblajaran.
identifikasi,masalah,PTK

Bagaimana identifikasi masalah dalam PTK?
Ada 5 langkah identifikasi permasalahan dalam kegiatan PTK, yaitu:

1.Mengemukakan semua masalah pembelajaran

Guru menyadari ada masalah atau kendala dalam pembelajaran. Tuliskan apa masalah atau kendala tersebut secara detail. Masalah ini biasanya berkaitan dengan strategi, metode,media,lingkungan belajar, penilaian dan pelaksanaan kurikulum dalam mata pelajaran. Tahap ini sering juga disebut sebagai tahap agenda semua masalah.

2.Memilih salah satu masalah yang dianggap paling penting

Semua masalah yang dikemukakan tidak mungkin diselesaikan sekaligus. Oleh sebab itu pada tahap ini guru memilih sebuah masalah yang dianggap paling penting, menarik, mendesak untuk segera diatasi, dan paling dikuasai oleh guru untuk dijadikan PTK.

3.Alasan memilih masalah yang dianggap penting

Pada bagian ini guru menguraikan sebuah masalah sesuai butir(2). Uraikan mengapa masalah yang dipilih sangat penting dan mendesak untuk dicarikan solusinya.

4.Rumuskan mengapa masalah tersebut terjadi

Uraikan apa penyebab atau mengapa terjadi masalah yang dipilih. Biasanya setiap ada masalah pasti ada penyebabnya. Dalam hal ini hukum kausal menjadi dasar untuk merumuskan penyebab timbulnya masalah yang sudah dipilih.

5.Memilih rencana pemecahan masalah

Pilih salah satu alternatif pemecahan masalah yang dianggap sesuai dengan masalah yang dihadapi. Terlebih dulu guru harus mengetahui teori dasar atas pemecahan masalah. Boleh juga diambil hasil penelitian terdahulu yang pernah dilakukan sebelumnya oleh guru.

Share this :

4 Responses to "Identifikasi Permasalahan dalam PTK"

  1. makasih bang uda sharenya... bermanfaat bagi aku nih :)

    BalasHapus
  2. Dengan demikian kita bisa dengan mudah mencari solusinya ya udah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, mas Wahab...Selain itu juga kita terbiasa mencari akar permasalahan pembelajaran sekaligus alternatif solusinya...

      Hapus