Membuat Kolam Ikan Mini Samping Rumah

Membuat kolam ikan mini samping rumah – Kesulitan dan hambatan yang dialami seseorang. Tidak berarti telah menutup peluang orang itu untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat. Justru, segala aral dan rintangan telah membuat orang berpikir keras untuk mengatasi masalah yang dihadapinya. Misalnya, pekarangan rumah terbatas karena tidak sanggup membeli tanah yang luas. Apakah sudah menutup kemungkinan untuk berkreativitas?

Tentu saja tidak. Justru semua itu akan mendatangkan inspirasi untuk berkreativitas. Lahan sempit mau diapakan? Ternyata masih banyak yang dapat diperbuat. Lahan sempit sekitar rumah masih dapat dipergunakan. Yang penting tidak berputus asa dengan kondisi yang dihadapi. Banyak yang bisa diperbuat untuk memanfaatkan keterbatasan pekarangan. Supaya lebih praktis kita bisa menggunakan pot plastik untuk budidaya tanaman cabe, misalnya.


Beternak ikan di kolam mini dekat rumah? Nah, itu dia yang menjadi pembahasan kita pada kesempatan ini. Pekarangan sempit dengan ukuran 1 - 2 m bisa dijadikan kolam ikan sederhana. Seperti terlihat pada gambar di atas.

Sebuah kolam mini dengan ukuran hanya 2 m x 1.5 m dengan kedalaman 1m, berjarak 0.5 m dari pondasi rumah, dapat diisi sekitar 30 sampai 40 bibit ikan. Agar tidak merusak pondasi rumah, dinding dan dasar kolam diberi coran semen. Kemudian diberi lubang-lubang kecil di sekeliling dinding.

Apa untungnya beternak ikan di kolam mini? Kolam mini di depan atau samping rumah dapat digunakan sebagai tempat penampungan limbah cucian alat dapur. Sisa-sisa makanan akan dijadikan makanan enak oleh ikan. Dalam waktu tertentu, jika sudah panen, ikan ini pun bisa dijadikan sebagai sumber protein hewani gratis bagi keluarga.

Jenis ikan yang dapat dipelihara adalah ikan nila. Mampu bertahan hidup dalam kondisi air yang penuh limbah. Asal ada sirkulasi atau pertukaran air masuk dan keluar. Makanannya cukup dedaunan seperti daun talas,papaya atau daun tumbuhan lain yang ada di sekitar rumah. Selain ikan nila, kita juga bisa memelihara ikan patin. Ikan ini mudah beradaptasi dengan lingkungan kolam dengan ukuran mini.

Jika ingin terlihat bagus dan indah, sebaiknya kolam mini itu di beri pagar bambu atau kayu. Sebelumnya, kolam ikan mini ini sudah dipagar dengan bambu dan kayu yang diolah sedemikian rupa. Namun akhirnya pagar itu dibongkar karena lapuk dimakan usia.

Share this :

11 Responses to "Membuat Kolam Ikan Mini Samping Rumah"

  1. saya malah baru kepikiran mas, lahan sekecil apapun harusnya bisa dipergunakan dengan baik, daripada jadi lahan kosong ya mas :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting ide itu harus muncul terlebih dulu, mas. Seperti yang dikatakan, keterbatasan membuat kita kreatif untuk beride dan menerapkannya. Mudah-mudahan...

      Hapus
  2. Bagus juga idenya mas.. rumah saya di gang jadi ga ada lahan untuk membuat kolam atau taman kecil biar halaman rumah segar gitu xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barangkali hanya bisa tanam bunga di pot saja ya mbak? Ya , enggak apa-apa juga...Bisa dibuat menjadi tempat yang indah...

      Hapus
  3. Balasan
    1. Oke deh, mas Wahab...Ntar dikirim via matra pendidikan ini...hehehe.

      Hapus
  4. wah tinggal nunggu panen aja nih haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas. Tapi kadang-kadang sudah dicicil manennya jika ada keperluan ikan mendesak...hehehe.

      Hapus
    2. haha kesukaan saya tuh uda ikan nila

      Hapus
  5. kalau dipikir-pikir lumayan juga yia Bos, kalau punya kolam ikan pasti sisa makanan nggak dibuang sia-sia, malah jadi bermanfaat dan kaya protein, hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas CC. Dari hal sederhana dan sepele ini ternyata kita sudah mendayagunakan sesuatu yang terbuang menjadi yang bermanfaat...

      Hapus