Kostum Warna Putih Lebih Nyaman(?)

Kostum warna putih lebih nyaman (?) – Salah satu sifat benda berwarna putih adalah lambat menyerap panas. Sebaliknya lebih cepat melepaskan panas yang diterimanya. Sifat warna benda ini secara alamiah telah digunakan orang sejak dahulu kala dalam memilih warna kostum dan pakaian yang dikenakan. Tergantung pada waktunya, siang atau malam hari.

Pada malam hari orang lebih nyaman dan hangat mengenakan pakaian berwarna gelap. Karena benda warna gelap sifatnya lambat menerima dan melepaskan panas dari lingkungannya.

Itu pula sebabnya, anak sekolah lebih nyaman mengenakan baju seragam harian berwarna putih. Baju warna putih tidak cepat membuat anak merasa gerah karena kepanasan apalagi di musim panas. Atau ditimpa cahaya matahari langsung saat berbaris di lapangan sekolah saat upacara bendera.

warna,putih,nyaman

Berdasarkan pengamatan langsung dari admin, siswa di dalam kelas terlihat lebih tenang ketika berpakaian seragam putih, ketimbang baju pramuka atau baju khusus lainnya. Artinya, saat cuaca panas mereka terlihat tidak begitu gerah menghadapi cuaca agak panas. Tentunya, kondisi pengamatan tersebut akan berbeda jika di ruang kelas dilengkapi dengan pendingin udara atau kipas angin.

Pertunjukkan kesenian di Minang Kabau, seperti Randai yang lazim dipertunjukkan malam hari. Mengenakan kostum berwarna hitam agar pemain Randai tidak kedinginan tentunya. Namun admin tidak tahu persis, kenapa hantu pocong atau lainnya mengenakan kostum putih malam hari. Lha? Emangnya ada hantu pocong di siang bolong?

Share this :

4 Responses to "Kostum Warna Putih Lebih Nyaman(?)"

  1. Dan lebih nasionalis udah..

    BalasHapus
  2. Putih itu melambangkan ketulusan, kesucian, kebersihan hati dan lain sebagainya, maka dari itu sangat wajar sekali jika simbol putih menandakan ketulusan dan kesucian pada sifat manusia, benarkan pak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika dihubungkan dengan karakter seseorang, mungkin ada benarnya bahwa warna putih itu lambang ketulusan dan kesucian, pak Ibrahim...

      Hapus