Manfaat Bertanam Cabe Rawit Bagi Keluarga

Manfaat bertanam cabe rawit bagi keluarga – Masakan khas keluarga di Ranah Minang atau masakan di restoran Padang umumnya bernuansa pedas. 

Ini tak lain karena pengaruh bumbu dapur yang digunakan. Salah satunya adalah bumbu dari cabe. Bahkan serasa belum makan kalau masakan tidak dilengkapi dengan rasa pedas.

Cabe atau cabai (Capsicum annum) merupakan salah satu tanaman holtikultura semusim. Tanaman palawija ini sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. 

Cabe merah maupun cabe rawit, termasuk tumbuhan perdu dari keluarga terong-terongan (solanaceae).

Asal muasal tanaman bumbu dengan ciri khas rasa pedas ini adalah Peru (Benua Amerika).Pada gilirannya, cabe berkembang dibudidayakan di seluruh benua Amerika, Eropa, Asia dan termasuk negara Indonesia. 

Uniknya, usia tanaman cabe termasuk tua di permukaan bumi. Tanaman ini konon ada sekitar 2500 sebelum masehi. Namun tidak diketahui kapan masuknya ke wilayah Indonesia.

manfaat,bertanam,cabe rawit

Budidaya cabe sangat mudah. Petani cabe umumnya membudidayakan cabe di lahan kering. Selain di areal khusus ini, tanaman cabe juga dapat dikembangkan melalui pot plastik di pekarangan rumah. Tentu saja dapat dilakukan oleh keluarga yang mempunyai kesempatan dan waktu.

Manfaat cabe rawit bagi keluarga Indonesia adalah:

1.Menghemat anggaran pengeluaran keluarga

Bertanam cabe sendiri dapat memenuhi kebutuhan keluarga akan bumbu dapur.
Jika tanaman cabe berhasil akan dapat meringankan kebutuhan bumbu dapur keluarga. Meringankan pengeluaran keuangan keluarga untuk anggaran dapur rumah tangga.

2.Membangkitkan selera makan

Cabai umumnya digunakan sebagai sayur dan bahan utama bumbu masak dapur. Dengan bahan pelengkap cabai sebagai bumbu masak akan dapat meningkatkan selera makan seseorang. 

3.Menangkal penyakit

Tanaman cabe tidak hanya sekadar sayuran atau bumbu masak di dapur. Cabai memiliki khasiat untuk kesehatan. 

Para ahli menunjukkan bahwa mengkonsumsi cabe dapat melindungi tubuh manusia dari radikal bebas karena mengandung antioksidan. Tidak hanya itu, senyawa yang terdapat dalam cabe dapat mencegah penyakit kanker.  

Share this :

8 Responses to "Manfaat Bertanam Cabe Rawit Bagi Keluarga "

  1. Selain hemat, juga kita tahu betul kualitas cabenya...yang pasti kalau untuk dikonsumsi sendiri ya diusahakan organik, pake pupuk kandang. Wah Uda ngomongin cabe, jadi ingat ayam lado mudo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata dengan pupuk organik, cabe terasa lebih pedas tapi enak, Uni. Lebih cocok digunakan untuk membuat ayam lado mudo, gulai cempedak, dll. Terima kasih Uni.

      Hapus
  2. Yang pasti kita bisa merasakan hasil cocok tanam kita sendiri ya udah....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, benar mas Wahab. Dan itu mendatangkan kepuasan tersendiri meskipun kita bukan petani cabe...

      Hapus
  3. cabe bagi saya sangat menambah selera makan, tapi kalau kebanyakan perut bisa senep ya pak hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi kita yang enggak biasa banyak makan cabe memang membuat perut enggak enak, buk Indri.

      Hapus
  4. dulu waktu masih sekolah saya pernah tanam sih, tapi ga subur cabenya.. jadi malas mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena perawatannya belum maksimal kali ya mas?

      Hapus