Manfaat Penggunaan Media Charta

Manfaat penggunaan media charta - Media adalah segala sesuatu yang dapat dilihat dan berfungsi sebagai perantara, sarana, dan alat untuk keperluan proses komunikasi. 

Sebagai perantara dalam proses komunikasi, media menjadi pengantar pesan atau informasi, dari si pemberi ke penerima informasi. Dalam pembelajaran, informasi dimaksud adalah informasi bahan belajar.

Pada hakekatnya media pembelajaran itu adalah sumber belajar. Sekaligus alat bantu  untuk menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Penggunaan media sebagai sumber dan alat bantu pembelajaran, dapat mempertinggi kualitas proses dan hasil belajar. 

Selain itu akan menghilangkan verbalisme (pemahaman yang kabur) pada diri siswa. Media pembelajaran juga dapat memperdekat pengetahuan siswa terhadap fakta sesungguhnya.

Sebenarnya cukup banyak macam media pembelajaran. Yang pernah dibahas dalam blog matra pendidikan ini adalah media TTS Pelajaran. Kali ini akan dipersembahkan perihal media charta dalam pembelajaran. 


manfaat,media,carta

Media charta adalah penyajian diagramatik suatu visual. Dalam hal ini termasuk gambar, sketsa, diagram dan grafis. Charta termasuk alat peraga visual berupa gambar dua dimensi yang dapat mempengaruhi daya fikir siswa melalui panca indra.

Manfaat penggunaan media charta dalam pembelajaran antara lain:
(a). Materi pembelajaran yang disampaikan dengan media charta dapat memperdekat pengetahuan siswa pada fakta.
(b). Memperlancar proses tercapainya tujuan pembelajaran secara maksimal.
(c). Media charta dapat memperkuat ingatan siswa dan memperjelas pemahaman yang kabur pada diri siswa.

Demikianlah sekilas uraian tentang media charta dan manfaatnya dalam pembelajaran. Semoga bermanfaat. 

Share this :

0 Response to "Manfaat Penggunaan Media Charta "

Poskan Komentar