Metode Diskusi Kelompok dalam Pembelajaran

Metode pembelajaran merupakan suatu cara atau teknik yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Bermacam ragam metode yang dapat digunakan oleh guru. 

Salah satu metode yang perlu dipertimbangkan jika sesuai dengan kondisi peserta didik dan lingkungan belajarnya adalah metode diskusi kelompok. 

Diskusi kelompok merupakan bagian dari metode diskusi.  Yaitu cara menyampaikan materi pelajaran dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau menyusun berbagai alternatif pemecahan masalah. Masalah berkaitan materi pelajaran berasal dari siswa atau diberikan guru.

metode pemeblajaran,diskusi kelompok

Metode diskusi kelompok dapat mengembangkan keterampilan memecahkan masalah, melalui musyawarah dalam mengambil keputusan. 

Hal ini berawal dari ungkapan, tidak ada persoalan yang tak bisa diselesaikan bila dikompromikan secara bersama, duduk bersama dalam forum diskusi untuk menyelesaikan persoalan lebih baik dari pada menyelesaikannya sendiri.

Hal inilah yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad S.A.W setiap menemukan persoalan, beliau bermusyawarah dengan para sahabatnya. Orang minang juga mengagungkan diskusi dari dahulunya, dengan adanya pepatah ‘duduk basamo balapang - lapang, duduk surang basampik – sampik’. 

Artinya karena bersama, bisa mencari penyelesaian semua persoalan dan bila sendiri sulit menemukan jawaban.

Dengan diskusi dapat membangun sikap saling membantu, saling menghargai, terbuka dan demokratis serta dapat membentuk sikap terampil dalam mengungkapkan pendapat dan berbicara. 

Bila terdapat kekurangan dalam menggunakan metode diskusi, tidak begitu berpengaruh kalau diskusi dilaksanakan sesuai dengan kondisi pembelajaran.
           
Share this :

0 Response to "Metode Diskusi Kelompok dalam Pembelajaran"

Poskan Komentar