Resitasi, Metode Alternatif dalam Pembelajaran

Resitasi, metode alternatif dalam pembelajaran - Pembelajaran menuntut adanya prinsip efektivitas, baik dari segi proses maupun segi hasil. Proses pembelajaran yang efektif memungkinkan tercapainya hasil yang optimal, yaitu tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Proses pembelajaran yang efektif lebih banyak melibatkan aktivitas siswa selama belajar.

Untuk mencapai aktivitas siswa secara optimal dalam pembelajaran adalah dengan menggunakan metode yang tepat, sesuai dengan karakteristik materi pelajaran dan kondisi lingkungan belajar siswa.

Metode resitasi merupakan cara guru menyampaikan materi pelajaran melalui pemberian tugas belajar kepada siswa. Tugas belajar yang diberikan kepada siswa tidak sama dengan pekerjaan rumah (PR) biasa tetapi lebih luas dari itu. 


metode,resitasi,pembelajaran

Siswa dirangsang agar giat dan rajin belajar untuk mengerjakan tugas yang menyangkut materi pelajaran yang akan dipelajari, melalui penagihan tugas dan pemberian kuis di awal pembelajaran serta mengimformasikan hasilnya. Dengan tujuan agar siswa bergairah dalam segala aktivitasnya baik dalam memperoleh maupun dalam mendalami suatu konsep materi pembelajaran.

Dengan metode pemberian tugas ini, siswa akan belajar mendapatkan, memahami, menyimpulkan dan mengolah materi pelajaran secara mandiri sebelum pembelajaran berlangsung serta dapat mengkomunikasikannya dalam pembelajaran di kelas. 

Siswa dapat mengerjakan tugas di rumah, di sekolah seperti di perpustakaan, dan di laboratorium IPA, dapat dijadikan sebagai tempat mencari sumber informasi dalam usaha meyelesaikan tugas- tugas yang diberikan guru.

Dan sumber belajar tidak hanya dari satu buku, tetapi dapat menggunakan buku sumber lain yang terdapat didalamnya materi pelajaran yang di pelajari. Tugas yang diberikan sesuai dengan tujuan pembelajaran, bisa saja berupa tugas baca lalu membuat ringkasan, dan membuat laporan bila materi pelajaran yang akan dipelajari menuntut percobaan. 

Proses selanjutnya dalam resitasi yaitu melaporkan  atau menyajikan kembali tugas yang telah dikerjakan siswa dalam bentuk presentasi di depan kelas. 

Share this :

0 Response to "Resitasi, Metode Alternatif dalam Pembelajaran "

Poskan Komentar