Pentingnya Keterampilan Menulis

Pentingnya keterampilan menulis – Bagi sebagian orang, menulis itu hanya sekadar hobi. Namun sebagiannya lagi, aktivitas menulis sudah menjadi sebuah profesi. Bahkan menjadi sumber penghasilan.  Baik penghasilan sampingan maupun sebagai pendapatan utama.

Terlepas dari itu, menulis menjadi sesuatu yang penting di zaman sekarang. Apakah ia seorang penulis atau tidak, keterampilan menulis harus dimiliki oleh setiap orang. Mengapa? Menulis adalah salah satu bentuk komunikasi bahasa verbal untuk menyampaikan gagasan atau ide kepada orang lain.

Seorang guru perlu memiliki keterampilan menulis meskipun ia tidak berprofesi sebagai penulis. Menyampaikan gagasan kepada orang lain melalui karya tulis dalam bentuk makalah, diktat, hand out, tulisan ilmiah populer, dan lain sebagainya. Hal ini menjadi salah satu unsur kegiatan pengembangan profesi guru.

keterampilan,menulis,kreatif

Karya tulis ilmiah hasil gagasan guru dapat dipublikasikan melalui jurnal/buletin atau hanya publikasi terbatas di perpustakaan sekolah. Lebih luas, guru dapat mempublikasikan gagasannya melalui media cetak (surat kabar, majalah dan tabloid). Selain itu, guru juga bisa menempatkan hasil kegiatan menulisnya melalui media internet (blog). Jadilah ia seorang blogger guru yang membahas tema pendidikan.

Siswa perlu dibekali keterampilan menulis oleh guru. Tidak hanya oleh guru bahasa Indonesia. Semua guru perlu melatih bagaimana siswa menulis hasil pekerjaannya. Misalnya, menulis karya ilmiah remaja (KIR), menulis laporan praktikum, menulis hasil belajar pokok bahasan tertentu sebagai laporan pada diskusi kelompok.

Mahasiswa apalagi. Keterampilan menulis menjadi sesuatu yang sangat penting dalam setiap mengikuti mata perkuliahan. Pasti ada laporan kegiatan, makalah dan ringkasan atau review terhadap sesuatu kajian masalah. Di penghujung perkuliahan, mahasiswa akan menulis skripsi.

Begitulah, menulis menjadi sebuah kegiatan penting dalam tugas keseharian. Oleh sebab itu keterampilan menulis perlu dimiliki oleh setiap orang.

Share this :

7 Responses to "Pentingnya Keterampilan Menulis"

  1. Dalam ngeblog mau tidak mau harus suka menulis, karena kalau blogger tidak suka menulis, namanya bukan blogger sejati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan juga blognya ibarat rumah kosong tanpa penghuni...hanya blog doang yang ada jika enggak suka menulis...

      Hapus
  2. karya tulis saya hanya bisa saya ungkapkan lewat tulisan sekarang ini pak, lewat blog,hehehehe

    BalasHapus
  3. saya sebenernya orang yang malas nulis sih pak, tapi sekarang malah hobi kutak-ketik tulisan di blog.hehe

    BalasHapus
  4. paling malas saya menulis mas waktu sekolah ajah lagi males-malesnya suka minta di tulisin temen hehehe

    BalasHapus
  5. Menulis kalau tidak dibiasakan sulit,..mungkin sedikit demi sedikit bisa terlatih ya Pak, yang terpenting jangan mudah putus asa..karena mahasiswa harus bisa menulis Skripsi untuk bisa jd Sarjana, seorang pimpinan sebelum mengadakan seminar perlu persiapan dg tulisan yg akan dibawakan di seminar, dll pentingnya bisa menulis

    BalasHapus
  6. Yupz tentu, menulis itu asyik, mencari referensi kemudian didaur ulang menjadi bahasamu sendiri itu menyenangkan. Yang pasti bermanfaat untuk orang lain. Jika banyak penulis maka akan banyak pembaca.

    jangan lupa visit di http://j.mp/1hI5L2P

    BalasHapus