Sekolah Unggul: Prestise atau Prestasi?

Sekolah unggul: prestise atau prestasi? – Di mana pun anak bersekolah. Di sekolah negeri atau swasta. Sekolah unggulan maupun reguler. Di pedesaan atau perkotaan. Pada prinsipnya, semua sekolah itu sama tujuannya. Yaitu membentuk lulusan yang berkualitas. Cerdas secara intelektual maupun emosional. Setujukah Anda?

Sekolah unggul merupakan sekolah yang memberikan layanan unggul kepada peserta didik dalam proses pendidikan. Sasarannya adalah bagaimana siswa dapat berkembang dengan baik sesuai potensi yang dimiliki sehingga prestasi belajar siswa bisa dipacu sedemikian rupa. Tentu saja harus melebihi pelayanan yang lazim diberikan oleh sekolah reguler.

Dalam praktiknya, orang tua cenderung memilih sekolah untuk anak pada sekolah yang dianggap unggul. Mengapa? Ini pertanyaan yang bisa dijawab secara subjektif maupun objektif.

prestasi,prestise,sekolah


1.Sekolah unggul itu sebuah prestise

Sekolah unggulan atau favorit pastilah memerlukan biaya pendidikan yang tidak murah. Pada umumnya yang bersekolah disana adalah anak dari keluarga yang berkemampuan finansial memadai. Mempunyai anak belajar di sekolah unggul menjadi sebuah prestise. Orang tua merasa bangga jika anak dapat bersekolah di sekolah unggul.

Tapi faktanya juga, masih banyak anak dari keluarga kurang mampu yang duduk di sekolah unggul. Mereka ini sering mendapat beasiswa atau bantuan dari pihak sekolah.

2.Sekolah unggul itu sebuah prestasi

Masuk sekolah unggul tidak mudah. Harus bersaing ketat untuk lolos seleksi pada penerimaan peserta didik baru (PPDB). Selain memiliki persyaratan akademis juga dibutuhkan persyaratan lainnya. Misalnya keterampilan atau kecakapan yang dimiliki siswa yang dibuktikan dengan piagam atau sertifikat prestasi. Berhasil masuk sekolah unggul menjadi sebuah prestasi bagi anak, bahkan orang tuanya.

Terlepas dari uraian di atas, belajar pada suatu lembaga sekolah haruslah mengedepankan matra sikap dan tingkah laku serta pendidikan karakter anak. Bagaimana pun, pendidikan berkualitas akan tercermin dari kecerdasan otak maupun kecerdasan hati lulusan suatu lembaga pendidikan.

Share this :

0 Response to "Sekolah Unggul: Prestise atau Prestasi?"

Poskan Komentar